Minggu, 20 Agustus 2017 - 28 Zulqaidah 1438 H

Sekolah Diminta Tingkatkan Disiplin Pelajar

(ANTARA SUMBAR)
Painan, (Antara Sumbar) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mendorong sekolah di daerah itu meningkatkan disiplin pelajar sehingga berdampak pada perbaikan mutu pendidikan.

"Penerapan disiplin akan sejalan dengan penyerapan ilmu yang diberikan namun upaya tersebut harus mempertimbangkan psikologi pelajar," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Zulkifli di Painan, Senin.

Ia mencontohkan jika memberikan hukuman kepada pelajar lebih baik dieksekusi langsung oleh guru yang bersangkutan dan tidak melibatkan Satpol PP ataupun lainnya.

Hal tersebut dimaksud agar hukuman yang diberikan tidak memancing pelajar bertindak lebih anarkis.

"Jika langsung ditangani oleh guru tentu sejalan dengan nasehat yang diberikan," tambahnya.

Namun, ujarnya berbeda jika kesalahan dilakukan pelajar pada jam belajar di luar pekarangan sekolah tentu harus ditangani Satpol PP.

Terkait dijaringnya beberapa pelajar membolos pada jam sekolah oleh Satpol PP, pihaknya meminta sekolah memperketat disiplin kepada pelajar.

"Sekolah jangan hanya mendapat laporan setelah itu menjemput pelajar yang membandel ke kantor Satpol PP namun harus sejalan dengan sanksi sehingga kejadian tersebut tidak berulang-ulang," katanya.

Sebelumnya Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menargetkan pendidikan di daerah itu meraih peringkat lima besar kabupaten/kota provinsi setempat.

"Semua pihak harus bergandeng tangan tidak hanya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan namun juga masyarakat serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait," katanya. (*)



Editor : Joko Nugroho

COPYRIGHT © ANTARASUMBAR 2017

Perspektif
Oleh : Fathul Abdi
Teknologi informasi kian hari kian berkembang. Jika dulu masyarakat melakukan segala sesuatu secara manual, kini bisa dilakukan ...
Baca Juga