BKKBN Sumbar Gelar Rakorda Tingkatkan Sinergitas

id BKKBN Sumbar

Padang, (Antara Sumbar) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Barat, menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dalam rangka meningkatkan sinergitas dan komitmen pemerintah daerah beserta mitra kerja dalam pengelolaan dan pelaksanaan Program KKBPK guna meningkatkan kualitas manusia Indonesia.

Kepala Perwakilan BKKBN wilayah Sumbar, Syahruddin di Padang, Selasa mengatakan Rakorda Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Sumbar, sebagai tindak lanjut Rakornas tanggal 6 hingga 8 Februari 2017 di Jakarta.

Ia mengatakan tema Rakorda 2017 adalah "Dengan Program KKBPK, Kita Tingkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia Yang Memiliki Karakter Bangsa Dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia".

"Untuk itu BKKBN turut berperan melaksanakan Strategi Pembangunan Nasional 2015-2019 dengan fokus penggarapan pada dimensi pembangunan kesehatan serta mental dan karakter (Revolusi Mental) yang diintegrasikan kedalam Program KKBPK," ujarnya.

Melalui Rakorda Program KKBPK Tahun 2017, katanya diharapkan seluruh pemangku kepentingan di semua tingkatan wilayah, dan mitra kerja akan dapat bersinergi, berkolaborasi, dan berkomitmen menyukseskan pelaksanaan Program KKBPK di daerah.

Peserta Rakorda dikuti lebih kurang 220 orang, baik yang berasal dari mitra kerja provinsi maupun tingkat Kabupaten dan Kota, yaitu dari Kepala OPD KKBPK, kepala Dinas Kesehatan dan kepala Bappeda.

Sekaitan dengan itu, menurutnya BKKBN bersama komponen pembangunan lainnya turut berupaya mewujudkan sembilan agenda prioritas Pembangunan (Nawa Cita), yaitu Cita ke-5 membangun sumber daya manusia yang berkualitas, melalui perencanaan sehat dan sejahtera.

"Dan Cita kedelapan melakukan revolusi mental, melalui peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, Cita ketiga membangun Indonesia dari pinggiran, melalui pelaksanaan kampung KB," ujarnya.

Dalam Rakorda tersebut, juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, sebagai tindak lanjut penandatangan MoU yang telah dilaksanakan antara Kepala BKKBN Pusat dengan Rektor UNAND.

Kemudian, penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba penilaian kegiatan baksos TNI KB-Kesehatan Tahun 2016 kepada Kodim Padang, Kodim Pariaman dan Kodim Pesisir Selatan.

Serta, penghargaan untuk OPD KB Kabupaten dan Kota yang memperoleh MKJP terbaik tahun 2016, dengan terbaik pertama diraih oleh Kabupaten Sijunjung, yang kedua Kabupaten Pasaman Barat dan yang ketiga Kota Padang. (*)