Pasar Raya Padang Perlu Pembenahan Serius

id Pasar Raya

Pasar Raya Padang Perlu Pembenahan Serius

Pembangunan pasar inpres blok III, Pasar Raya Padang, Sumatera Barat. (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Padang, (Antara Sumbar) - DPRD Kota Padang, Sumatera Barat, meminta pemerintah setempat serius dalam melakukan pembenahan Pasar Raya serta mengakomodasi para pedagang dengan berbagai permasalahan yang ditimbulkan terkait dengan penataan tersebut.

"Pemerintah perlu segera menuntaskan hal-hal terkait sarana prasarana yang memang perlu ditambahkan," kata Koordinator Komisi III DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra di Padang, Sabtu.

Ia meminta pemerintah melalui pihak terkait, khususnya Dinas Perdagangan, untuk konsisten dan tegas dalam penataan pasar tersebut serta melaksanakan tanggung jawab sebagaimana mestinya.

Ia mengatakan terkait dengna sejumlah blok di Pasar Raya yang telah selesai, hendaknya pemerintah benar-benar mengakomodasi pedagang korban gempa 2009 terlebih dahulu.

"Jangan sampai jumlah pedagang yang harus diakomodasi dinas terkait malah bertambah tiba-tiba," katanya.

Ia menjelaskan bahwa hal itu perlu menjadi perhatian, sebab jangan sampai setelah semua sarana prasarana terpenuhi malah tetap tidak menyelesaikan permasalahan-permasalahan pedagang setempat.

Apalagi, ujarnya, setiap aturan terkait sarana prasarana harus segera diterapkan setelah pembenahan selesai.

Ketua Komisi III DPRD Kota Padang Zulhardi Z Latif mengatakan pihaknya akan segera memanggil dinas terkait, khususnya Dinas Perdagangan dan Dinas Pekerjaan Umum, untuk menyingkronkan pembangunan Pasar Raya itu.

"Termasuk terkait pembangunan Blok III yang masih berjalan," ujarnya.

Selain itu, ia menjelaskan pembenahan sarana pendukung termasuk drainase, trotoar, dan kanopi bangunan harus dioptimal dan jembatan penghubung antarblok perlu segera diselesaikan.

"Jangan sampai Pasar Raya selesai, malah ada sarana yang belum lengkap," katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang Endrizal menyampaikan pihaknya terus berupaya seoptimal mungkin dalam penyelesaian pembenahan dan pembangunan Pasar Raya, apalagi dengan telah ditargetkan peluncuran pasar tersebut pada April 2017.

Ia menyampaikan saat peluncuran dua bulan ke depan itu ditargetkan semua sarana prasarana telah selesai, termasuk areal parkir dan fasilitas lain yang disediakan pada setiap blok.

"Jika telah selesai semua, nanti bisa menampung sekitar 1.700 pedagang," ujarnya.

Untuk pengerjaan drainase, totoar, dan jembatan penghubung antarblok, hal itu akan segera dikerjaan oleh Dinas Pekerjaan Umum. (*)