Relawan WMI Solok bagi takjil gratis momen jalin silaturrahim

id Relawan WMI, Solok Raya berbagi, takjil gratis, bentuk momen, jalin silaturrahmi

Relawan WMI Solok bagi takjil gratis momen jalin silaturrahim

Relawan WMI Solok Raya saat berbagi takjil gratis untuk para pengendara di Solok, Sumbar (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Relawan Wahana Muda Indonesia (WMI) Solok Raya melaksanakan kegiatan berbagi takjil gratis kepada para pengendara bermotor dan mobil yang melintas di depan Klinik Assabil sebagai bentuk meningkatkan rasa peduli dan menjalin silaturahim.

Ketua WMI Solok Raya Irwan Firdaus di Solok, Senin, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahim dan komunikasi dengan masyarakat sekaligus memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk berbagi rezeki dengan sesama.

“Kegiatan ini untuk bisa saling berbagi di bulan yang penuh berkah ini, saling menjalin silaturahim sesama relawan dan volunteer WMI Solok Raya,” kata Irwan.

Para pengguna jalan dan masyarakat antusias dengan kegiatan yang diadakan komunitas organisasi Wahana Muda Indonesia Solok Raya tersebut.

Sejumlah relawan dan volunteer WMI antusias membagikan takjil kepada setiap pengendara atau pengguna jalan, terlihat juga masyarakat senang dapat bingkisan takjil untuk buka puasa.

Berbagi sedekah di bulan Ramadhan memiliki banyak manfaat, baik bagi yang memberi maupun yang menerima.

Pertama, bagi yang memberi, Ramadhan Takjil merupakan sarana untuk memperbanyak amal kebaikan dan mendapatkan pahala yang besar di bulan yang penuh berkah ini.

Kedua, bagi yang menerima, Ramadhan Takjil menjadi sumber kebahagiaan dan kenyamanan di saat-saat berbuka puasa, terutama bagi mereka yang sedang dalam perjalanan atau kurang mampu.

Menurutnya, program Ramadhan Takjil juga memiliki dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat secara luas. Pertama, Ramadhan Takjil memperkuat rasa kebersamaan dan persatuan di antara sesama umat Islam.

Melalui kegiatan berbagi ini, masyarakat diajarkan untuk peduli dan membantu sesama tanpa memandang perbedaan status sosial atau latar belakang.

Kedua, Ramadhan Takjil membantu mengurangi angka pemborosan makanan dengan memanfaatkan makanan berlebih untuk dibagikan kepada yang membutuhkan.

"Ketika kita berbagi takjil berbuka puasa, sejatinya kita tidak saja mendapatkan pahala ganda, lebih dari itu kita juga berbagi rasa gembira dan suka cita," katanya.

Ramadhan takjil adalah program sosial yang umumnya dilakukan di bulan Ramadhan. Dalam program ini, masyarakat umum, organisasi, atau individu berinisiatif untuk menyediakan makanan ringan (takjil) secara gratis bagi para pemudik yang berbuka puasa di jalan atau bagi masyarakat yang kurang mampu.

Ia mengatakan tujuan utama dari Ramadhan Takjil adalah untuk meringankan beban sesama yang sedang berpuasa dan menjalin rasa kebersamaan dalam berbagi rezeki.

Hal ini yang mendasari Wahana Muda Indonesia (WMI) melaksanakan kegiatan berbagi takjil gratis kepada pengendara bermotor dan mobil yang melintas di depan Klinik Assabil.