Pemnag Lubuk Basung Adakan Pelatihan Pelestarian Kebudayaan

id Pelatihan Pelestarian Kebudayaan

Lubuk Basung, (Antara) - Pemerintah Nagari (Pemnag) Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mengadakan pelatihan pelestarian kebudayaan daerah bagi kelompok masyarakat daerah itu.

Wali Nagari Lubuk Basung, Darma Ira Putra di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan pelatihan yang diberikan mencakup alek bajamba, penyusunan sirih carano, serak arai pinang dan lainnya.

Pelatihan diadakan di aula Kantor Wali Nagari Lubuk Basung selama empat hari dari Senin (14/9) sampai Kamis (17/9), dengan peserta anggota PKK se-Nagari Lubuk Basung.

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan ini diadakan untuk melestarikan adat nagari, karena sudah banyak masyarakat yang tidak mengetahui lagi bagaimana pelaksanaan tradisi budaya itu.

Sehingga saat pesta pernikahan banyak masyarakat yang harus mencari warga yang bisa dalam alek bajamba, penyusunan sirih carano, serak arai pinang dan lainnya.

"Dengan dasar ini maka kita mengadakan pelatihan tersebut," katanya.

Ia mengatakan, dengan diadakannya pelatihan ini minimal masyarakat mengenal proses ini dan mereka tidak perlu mencari warga yang lain.

Selain melakukan pelatihan pihaknya juga mengadakan pelatihan tentang pelayanan kepada masyarakat dengan peserta wali jorong dan wali dusun yang ada di Nagari Lubuk Basung.

Tempat terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra mengapresiasi Pemerintah Nagari Lubuk Basung yang telah mengadakan pelatihan tersebut.

"Ini bentuk kepedulian pemerintah nagari dalam melestarikan kebudayaan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Ia juga mendukung kegiatan ini dan harus dicontoh oleh nagari lain di Kabupaten Agam, sehingga kebudayaan di masing-masing nagari tetap terjaga dengan baik. (*)