PT Agrowiratama-unit PKS kembali terima penghargaan zero accident (K3) Tahun 2024

id PT Agrowiratama Lelo Ritonga

PT Agrowiratama-unit PKS kembali terima penghargaan zero accident (K3) Tahun 2024

Humas PT Agrowiratama Lelo Ritonga (kanan) saat menerima penghargaan zero accident atau nihil kecelakaan kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI dan Gubernur Sumatera Barat Tahun 2024. (Antara/HO-PT Agrowiratama).

Simpang Empat (ANTARA) - Perusahaan PT Agrowiratama-unit PKS Kabupaten Pasaman Barat memperoleh penghargaan zero accident atau nihil kecelakaan kerja dari Kementerian Ketenagakerjaan dan Transmigrasi RI dan Gubernur Sumatera Barat Tahun 2024.

"Prestasi yang membanggakan dan akan terus kami pertahankan dari tahun ke tahun karena tahun 2023 dan tahun sebelumnya penghargaan zero accident ini juga kami dapatkan," kata Humas PT Agrowiratama Lelo Ritonga di Simpang Empat, Selasa.

Menurutnya penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Gubernur Mahyeldi Ansharullah di Padang yang diwakili oleh Kadisnakertrans Prov. Sumbar, Nizam Ul Muluk, Senin (23/9).

"Ini menjadi pemicu bagi kami untuk lebih baik lagi dan tetap selalu konsisten dalam menjalankan keamanan dan keselamatan di lingkungan kerja serta turut ikut serta dalam kepedulian terhadap sosial yang ada di masyarakat sekitar perusahaan," katanya.

Ia menyebutkan hal itu sejalan dengan mendorong terciptanya jaminan sosial untuk pekerja baik sektor formal maupun sektor informal sebagai implementasi Instruksi Presiden No 4 Tahun 2022 tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Pihaknya konsisten dalam upaya pencegahan segala bentuk kecelakaan kerja dapat ditanggulangi dengan rutin menjalankan beberapa program K3 diantaranya Safety Induction, Safety Briefing, Fit to Work, Safety Campaign, Safety Patrol, Safety Forum, P2K3 dengan didukung sarana fasilitas Kesehatan berupa Klinik First Aid.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat, Nizam Ul Muluk saat penyerahan penghargaan menyebutkan penghargaan ini diadakan sebagai bentuk apresiasi kepada pelaku industri atas kepatuhan dan keberhasilannya dalam menerapkan keselamatan kerja di perusahaan tempat mereka bekerja.

Selain itu, penghargaan ini juga bertujuan untuk mendorong terwujudnya cakupan perlindungan jaminan ketenagakerjaan secara menyeluruh yang diberikan oleh pemerintah daerah dan pelaku usaha yang dinilai telah mengimplementasikan perlindungan ketenagakerjaan sesuai ketentuan program yang berlaku.

Ia menjelaskan penyerahan penghargaan keselamatan kerja Tahun 2024 ini diberikan kepada 25 perusahaan dengan kategori zero accident, program pengentasan HIV di tempat kerja kepada dua perusahaan, serta jaminan sosial ketenagakerjaan dengan rincian kategori lima kabupaten/kota, kategori usaha besar sektor keuangan kepada satu perusahaan, perdagangan jasa dua perusahaan dan pertambangan manufaktur konstruksi tiga perusahaan.

Kemudian pertanian peternakan perikanan satu perusahaan, pendidikan tiga perguruan tinggi, usaha kecil mikro sebanyak 31 perusahaan, kategori pemerintah Nagari/Desa kepada tiga nagari, serta penghargaan pelaksanaan perlindungan ketenagakerjaan melalui DBH Sawit Tahun 2024 kepada tujuh kabupaten. ***3***