Empat Paslon Bupati-Wakil Bupati Agam sepakat kampanye damai

id Kpu agam,Berita agam,Forkopimda Agam

Empat Paslon Bupati-Wakil Bupati Agam sepakat kampanye damai

Perwakilan Forkopimda Agam sedang menandatangani kesepakatan kampanye damai Pilkada serentak 2024 di aula Hotel Sakura Syariah Lubuk Basung, Senin (23/9). Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Sebanyak empat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Agam, menyepakati kampanye damai saat maju pada Pilkada serentak 2024 dalam mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Deklarasi kampanye damai tersebut dibacakan oleh empat pasangan calon, partai politik pengusul, tim kampanye dan para pendukung.

"Setelah membacakan deklarasi kampanye damai tersebut, langsung dilanjutkan penandatanganan deklarasi dilakukan oleh empat pasangan calon bupati, wakil bupati, KPU, Bawaslu, Forkopimda dan partai pengusul," kata Ketua KPU Agam Herman Susilo di Lubuk Basung, Senin.

Ia mengatakan deklarasi itu berbunyi bupati, wakil bupati, partai politik pengusul, tim kampanye dan para pendukung berjanji mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib, damai, berintegritas tanpa hoak, tanpa politik sara dan tanpa politik uang.

Selain itu melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundangan-undang yang berlaku.

"Kita bakal menjalankan tahapan kampanye, harapan kita semua seluruh pasangan calon, partai politik dan lainnya untuk dapat mengikuti tahapan kampanye seduai regulasi yang ada," katanya.

Ia mengatakan ada batasan-batasan dalam menyampaikan visi, misi dan program kepada masyarakat melalui tahapan kampanye.

Masa kampanye selama 60 hari dimulai dari 25 September sampai 23 November 2024.

Semoga tahapan kampanye berjalan dengan lancar dan berjalan sesuai yang diharapkan demi terciptanya bupati dan wakil bupati 2025-2030.

"Kita bakal melakukan pemilihan pada Rabu (27/11) dan mari datang ke tempat pemungutan suara untuk memberikan hak pilih," katanya.

Ia menambahkan Pilkada serentak 2024 diikuti empat pasangan calon bupati dan wakil bupati. Nomor urut satu diterima oleh pasangan atas nama Guspardi Gaus-Yogi Yolanda diusul Partai Hanura, PKB, PDI P, Buruh dan Ummat. Pasangan nomor urut dua atas nama Benni Warlis-Muhammad Iqbal diusul PKS dan PPP

Sedangkan nomor urut tiga atas nama Andri Warman-Martias Wanto diusul PAN, Golkar, Gerinda dan PBB. Pasangan nomor urut empat atas nama Irwan Fikri-Asra Faber diusul Partai NasDem dan Demokrat.

"Rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut empat pasangan calon bupati, wakil bupati telah dilakukan, Senin (23/9). Pengundian nomor sesuai tata tertib dalam pengundian dan penetapan nomor urut empat pasangan calon bupati dan wakil bupati," katanya.