Unes luluskan 1.152 wisudawan pada prosesi wisuda ke-59

id Unes, wisuda ke-59, padang

Unes luluskan 1.152 wisudawan pada prosesi wisuda ke-59

Jumpa pers persiapan wisuda Universitas Ekasakti.* (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Yayasan Perguruan Tinggi Padang (YPTP), Universitas Ekasakti (Unes) akan mewisuda 1.152 wisdawan magister, sarjana, dan ahli madya dari 21 program studi pada tujuh fakultas pada Sabtu (26/12).

Rektor Unes Prof. Sufyarma Marsidin di Padang, Kamis mengatakan jumlah wisudawan tahun ini maningkat dari tahun sebelumnya. Karena itu untuk mengantisipasi membludaknya tamu undangan, pihak Unes memutuskan pelaksanaan wisuda ke-59 itu digelar di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) Air Tawar, Kota Padang.

Ia menyebut tema wisuda tahun ini adalah lulusan bermutu dan bermartabat. Lulusan yang bermutu ialah lulusan yang menguasai, kompetensi intelektual, emosional, digital dan kultural sehingga mampu membangun networking yang baik di daerah, nasional dan internasional.

"Sementara lulusan beradab, memiliki sopan santun sesuai dengan nilai-nilai islami, nilai-nilai bangsa, negara dan nilai-nilai budaya," ujarnya.

Sufyarma mengatakan hingga saat ini jumlah alumni Unes mencapai 20.703 orang yang berkiprah di berbagai bidang mulai dari daerah, nasional bahkan internasional.

Sementara itu, Ketua Panitia Wisuda Unes Padang, Mahmud mengatakan wisuda ke-59 diikuti mahasiswa yang telah lulus ujian pada semester ganjil dan genap tahun 2023/2024.

Wisudawan itu berasal dari tujuh fakultas masing-masing Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol), Fakultas Sastra, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Akademi Akuntansi Indonesia (AAI).

Ia menyebut lulusan "fresh graduated" Unes siap untuk bersaing di dunia kerja. Hal itu didukung dengan penilaian universitas yang terus membaik. Saat ini akreditasi Unes adalah B. Sebagian lulusan yang telah bekerja saat mendaftar sebagai mahasiswa.

Unes saat ini didukung oleh tujuh profesor tetap dan dalam waktu dekat 10 Lektor Kepala berpeluang menjadi profesor.

Sementara itu, dosen magister sebanyak 197 orang atau 83 persen, dosen doktor sebanyak 39 orang atau 16,5 persen. Kemudian Lektor Kepala 30 orang, lektor 104 orang dan asisten ahli 63 orang.*