KPU Sawahlunto ajak PPK dan PPS perkuat sinergi dan koordinasi internal-eksternal

id KPU Kota Sawahlunto

KPU Sawahlunto ajak PPK dan PPS perkuat sinergi dan koordinasi internal-eksternal

Komisioner KPU Sawahlunto Rika Arnelia ingatkan PPK dan PPS untuk perkuat sinergi dan koordinasi hadapi masa krusial Pilkada. (Antarasumbarl/HO-dok KPU Sawahlunto)

Sawahlunto (ANTARA) - KPU Kota Sawahlunto, Sumatera Barat mengajak jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk meningkatkan serta memperkuat sinergi dan koordinasi internal maupun eksternal.

Komisioner dan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Sawahlunto Rika Arnelia, di Sawahlunto, Minggu menyampaikan kekuatan sinergi dan koordinasi yang membentuk solidnya tim sangat diperlukan menghadapi berbagai tantangan kinerja yang mulai memasuki masa-masa krusial penyelenggaraan Pilkada.

"Tugas dan tantangan pada Pilkada ini berat, apalagi di Sawahlunto terjadi pertarungan head to head dari dua pasangan calon. Sehingga tentu ada pressure (tekanan) yang mau tidak mau turut berdampak pada petugas penyelenggaraan Pemilu, oleh karena itu memang wajib harus kompak harus jalan sinergi dan koordinasi agar apa pun persoalan yang terjadi itu bisa disikapi dan diurus dengan baik," kata dia.

Untuk itu dia meminta jangan sampai ada di internal PPK atau PPS terjadi perpecahan atau personel yang jalan sendiri-sendiri tidak dalam satu arahan.

"Kalau ada perbedaan pendapat itu wajar. Tapi kita harus pastikan jangan sampai karena berbeda pendapat kemudian tim jadi pecah, tidak satu visi sehingga kinerja terhambat dan target tidak tercapai," katanya.

Rika Arnelia menyebut dari pemantauan pihaknya selama ini termonitor ada beberapa PPK dan PPS yang masih perlu ditingkatkan sinergi dan koordinasi internalnya.

"Tolong bagi yang ada perbedaan-perbedaan dalam internal timnya, segera duduk bersama kembali, musyawarah lagi bagaimana bisa kembali ada titik temu sehingga semua saling bahu-membahu bekerja sama mendukung agar tugas yang diamanahkan bisa dikerjakan dengan optimal," kata dia.

Ia mengungkapkan KPU Kota Sawahlunto juga berupaya maksimal untuk memberikan pelayanan dan dukungan terhadap jajaran PPK, PPS dan KPPS agar dalam bertugas dapat dilakukan secara lancar dan nyaman.

"Kami berupaya memberikan berbagai dukungan, fasilitasi dan lain-lain dalam rangka meningkatkan kelancaran kinerja badan ad hoc pemungutan suara ini. Salah satunya seperti dalam Rakor Pembentukan KPPS, maka kami bawa PPS dan PPK untuk menginap di luar kota agar bisa lebih fokus mendengarkan materi sekaligus ada kesempatan refreshing," kata dia.

Rika menambahkan pihak KPU Sawahlunto meminta dukungan kerja sama dari jajaran PPK dan PPS agar memperkuat disiplin dan pencapaian target kinerja.

"Jadi kita sama-sama bekerja demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2024 di Kota Sawahlunto. Kita jalankan dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab amanah dari masyarakat kepada kita untuk menyelenggarakan Pemilu secara lancar dan sesuai regulasi," katanya. (Yudha Ahada)