Pemkot Solok terima anugerah masjid percontohan tingkat Sumbar

id Pemkot Solok, terima anugerah, masjid percontohan, tingkat Sumbar

Pemkot Solok terima anugerah masjid percontohan tingkat Sumbar

Wakil Wali Kota Solok Rahmadhani Kirana Putra saat menerima piagam penghargaan anugerah masjid percontohan tingkat Sumbar. ANTARA/HO-Diskominfo Solok.

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat, menerima penghargaan anugerah masjid percontohan dan ramah (Ampera) tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, di Solok, Jumat, mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok, sebagai terbaik I kategori masjid agung tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2024 dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar.

Ramadhani mengucapkan terima kasih kepada Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat dan Gubernur Sumatera Barat yang telah memberikan penghargaan terbaik I untuk Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok.

"Anugerah ini merupakan penghargaan untuk masyarakat dan jamaah Masjid Agung Al Muhsinin, mudah-mudahan ini jadi motivasi bagi kita bersama untuk memakmurkan masjid-masjid yang ada di Kota Solok," ucap dia.

Penganugerahan ini diterima oleh delapan daerah di Sumatera Barat, yakni Kota Solok, Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang Panjang, Kota Padang, Kota Sawahlunto, Kabupaten Solok, dan Kabupaten Tanah Datar.

Menurut dia, keberhasilan Masjid Agung Al Muhsinin tidak lepas dari upaya berkelanjutan dalam menciptakan lingkungan masjid yang bersih, nyaman, serta ramah bagi seluruh jamaah.

Kriteria penilaian mencakup aspek kebersihan, pelayanan, keamanan, dan fasilitas pendukung yang memadai.

Penghargaan Ampera diserahkan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah bersama Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Mahyudin dan Kepala Bidang Urusan Agama Islam sebagai leading sector pelaksanaan kegiatan Ampera.

Kepala Kantor Kemenag Kota Solok Mustafa mengungkapkan bahwa Masjid Agung Al Muhsinin menunjukkan komitmen yang tinggi dalam mewujudkan masjid yang tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga berfungsi sebagai pusat kegiatan sosial dan komunitas.

"Masjid Agung Al Muhsinin telah berhasil menciptakan suasana yang nyaman dan kondusif bagi seluruh jamaahnya. Kami berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lainnya di Sumbar," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Solok Irawadi Uska mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian tersebut. Keberhasilan ini adalah hasil dari kerja sama semua pihak, termasuk pengurus masjid, jamaah, dan masyarakat sekitar.

"Kemenag berkomitmen untuk terus membina dalam peningkatan kualitas pelayanan dan menjaga kebersihan masjid agar tetap menjadi tempat ibadah yang nyaman bagi semua. Kementerian Agama akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah," kata Irawadi.

Selain itu, dengan meraih predikat sebagai masjid percontohan dan ramah, Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok diharapkan dapat terus menjadi pusat kegiatan keagamaan dan sosial yang memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.