BPJS Kesehatan Bukittinggi berikan Layanan Online di Nagari Duo Koto

id BPJS Kesehatan Bukittinggi,Pelayanan BPJS Online,berita sumbar

BPJS Kesehatan Bukittinggi berikan Layanan Online di Nagari Duo Koto

Warga di Desa atau Nagari Duo Koto Agam saat berinteraksi dalam pelayanan BPJS Online (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Bukittinggi menggelar kegiatan perdana BPJS Online di Desa atau Nagari Duo Koto, Kabupaten Agam. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerjasama kedua pihak.

Kegiatan BPJS Online perdana itu dihadiri oleh perwakilan pemerintah daerah, tokoh masyarakat, serta warga setempat yang antusias menyambut inovasi layanan kesehatan digital.

Acara berlangsung selama lebih kurang lima jam dengan diikuti oleh 41 peserta. Wali Nagari Duo Koto, Jendrial, menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Alhamdulillah, kegiatan perdana Pelayanan BPJS Online di Nagari Duo Koto disambut positif oleh warga masyarakat. Ada sekitar empat puluh orang yang datang hari ini. Terima kasih kami ucapkan kepada pihak BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi atas kemudahan yang diberikan," kata Jendrial, Selasa.

Ia mengatakan dengan adanya layanan ini, masyarakat diharapkan dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari kantor BPJS Kesehatan.

"Kami sangat mendukung inisiatif ini karena membantu warga kami yang membutuhkan akses lebih cepat dan mudah ke layanan kesehatan," kata dia.

Kegiatan BPJS Online dirancang untuk mempermudah peserta dalam melakukan berbagai proses administrasi, seperti pendaftaran, perubahan data, pengecekan status, serta pelayanan lainnya, tanpa harus datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Layanan ini sangat penting terutama di daerah seperti Nagari Duo Koto, di mana akses ke kantor BPJS Kesehatan harus menempuh jarak sekitar 23 km dengan waktu tempuh 30-40 menit.

Respon positif juga datang dari masyarakat setempat. Mariani, seorang warga Nagari Duo Koto, mengungkapkan rasa terima kasihnya.

"Selama ini, untuk mengurus BPJS harus pergi ke kantor yang jaraknya cukup jauh. Dengan adanya layanan BPJS online ini, semuanya jadi lebih mudah,” kata Mariani.

Mariani juga mengungkap bahwa layanan ini sangat membantu, terutama bagi mereka yang tidak punya banyak waktu untuk pergi ke kantor BPJS Kesehatan.

Alfi Syukri, warga lainnya, juga menyatakan kepuasannya atas pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi pada kegiatan BPJS Online ini.

"Saya sangat senang karena sekarang bisa mengecek status keanggotaan dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan di kantor wali nagari yang mana sangat dekat dari rumah. Ini sangat efisien dan menghemat waktu," ujarnya.

Kegiatan ini juga diiringi dengan pemberian informasi kepada masyarakat tentang cara menggunakan aplikasi Mobile JKN. Tim dari BPJS Kesehatan memberikan sosialisasi singkat kepada warga tentang cara mengakses layanan, membuat akun, dan menggunakan fitur-fitur yang tersedia.

Edukasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memaksimalkan penggunaan layanan digital yang disediakan.

Ke depan, BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi berencana untuk memperluas jangkauan layanan BPJS Online ini ke nagari-nagari lain di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Ini adalah langkah awal dari banyak inovasi yang akan kami hadirkan," kata Kepala BPJS Bukittinggi, Haris Prayudi.

Dengan kegiatan perdana BPJS Online ini, diharapkan masyarakat di Nagari Duo Koto dan sekitarnya dapat lebih mudah mengakses layanan kesehatan yang merupakan hak dasar setiap warga negara.

"BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik demi kesejahteraan masyarakat," pungkas Haris.