Hasil uji coba: Inggris keik lawan Islandia, Jerman menang atas Yunani

id Timnas Inggris, Timnas Jerman, Piala Eropa 2024, Euro 2024

Hasil uji coba: Inggris keik lawan Islandia, Jerman menang atas Yunani

Cole Palmer menendang bola dalam pertandingan uji coba antara Timnas Inggris melawan Islandia di Wembley, London pada Sabtu (08/6/2024). ANTARA/Yahoo news UK

Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Inggris kalah 0-1 saat menjamu Islandia, sedangkan Jerman hanya mampu menang tipis 2-1 atas Yunani dalam laga uji coba internasional pada Sabtu dini hari WIB.

Timnas Inggris menelan kekalahan saat menjamu Islandia di Stadion Wembley melalui gol Jon Dagur Thorsteinsson di babak pertama, demikian yang dikutip dari laman resmi FA.

Pertandingan ini penting bagi kedua tim untuk persiapan mereka menjelang putaran final Piala Eropa (Euro) 2024.

Bermain di hadapan suporter sendiri, Inggris mendominasi penguasaan bola hingga 68 persen dan banyak menciptakan peluang.

Namun, mereka justru kebobolan lewat gol Jon Dagur Porsteinsson pada menit ke-12. Thorsteinsson melepaskan bola sepakan mendatar di tepi kotak penalti yang meluncur deras ke dalam gawang Inggris. Islandia memimpin 1-0.

Inggris berusaha mengejar ketertinggalan dan terus menekan pertahanan tim tamu, tetapi mereka kesulitan membongkar pertahanan Islandia hingga pertandingan berakhir.

Phil Foden dkk harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari Islandia. Ini merupakan pertandingan terakhir Inggris sebelum bermain melawan Serbia di laga perdana Grup C mereka di Euro 2024 pada Senin (17/6).

Pelatih Inggris, Gareth Southgate mengungkapkan kekecewaannya atas kekalahan melawan Islandia. Dia menyebut timnya tidak menunjukkan karakter yang kuat.

"Ini jelas merupakan penampilan yang tidak terorganisir dan mengecewakan. Kami tidak menunjukkan karakter yang cukup," ujar Southgate usai pertandingan kepada Channel 4.

Namun, dia berpikir kekalahan ini bisa menjadi evaluasi bagus bagi timnya jelang babak grup Euro 2024.

"Saya pikir ini bagus untuk kami sebelum turnamen internasional. Saya pikir pergerakan tanpa bola kami harus lebih bagus," ucapnya.

Jerman balik menang atas Yunani

Sedangkan di laga uji coba lainnya, Timnas Jerman melakukan comeback 2-1 di Borussia-Park pada Sabtu dini hari WIB.

Yunani sempat unggul lebih dahulu melalui gol Giorgos Masouras sebelum Jerman balas lewat dua gol mereka yang dicetak oleh Kai Havertz dan

Pascal Gross, demikian yang dikutip dari laman resmi DFB.

Jerman berstatus sebagai tuan rumah Piala Eropa 2024, dinilai menjadi salah satu favorit juara. Namun, mereka justru susah payah meraih kemenangan dalam pertandingan ini.

Yunani memberikan perlawanan sengit dan bahkan sempat mencuri gol lebih dahulu lewat aksi Masouras pada ke-33.

Jerman tampil lebih dominan dalam penguasaan bola, tetapi mereka gagal memaksimalkan peluang menjadi gol hingga babak pertama berakhir.

Jerman baru bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-56 melalui gol Kai Havertz setelah dia menuntaskan bola hasil kerja keras Leroy Sane.

Jerman bisa berbalik unggul menjadi 2-1 pada menit ke-89. Gol kemenangan tuan rumah dicetak oleh Pascal Gross.

Die Mannschaft pun meraih kemenangan penting di hadapan pendukung sendiri. Pertandingan ini merupakan yang terakhir sebelum Jerman menghadapi Skotlandia di laga pembukaan Euro 2024 pada Sabtu (15/6) pekan depan.

Berikut hasil pertandingan uji coba pada Sabtu (08/6):

Belarus 0-4 Rusia

Ivan Oblyakov 8' Konstantin Tyukavin 20', Fedor Chalov 63', 69'

Albania 3-1 Azerbaijan

Nedim Bajrami 12',Rey Manaj 81',Qazim Laci 88'/Orkhan Gurbanli 90' + 1'

Polandia 3-1 Ukraina

Sebastian Walukiewicz 11',Piotr Zielinski 16', Taras Romanczuk 30'/ Artem Dovbyk 41'

Jerman 2-1 Yunani

Kai Havertz 56', Pascal Gross 89'/ Giorgos Masouras 33'

Inggris 0-1 Islandia

Jon Thorsteinsson 12'

Skotlandia 2-2 Finlandia

Arttu Hoskonen 54' (bd), Lawrence Shankland 58'/ Benjamin Kaellman 72', Oliver Antman 85' (pen)

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hasil uji coba: Inggris kalah dari Islandia, Jerman menang atas Yunani