Pemnag Pesisir Selatan lakukan sosialisasi dan berikan sertifikat halal gratis pada UMKM

id Pemnag Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar

Pemnag Pesisir Selatan lakukan sosialisasi dan berikan sertifikat halal gratis pada UMKM

Pemerintah Nagari Sago Salido bersama KUA IV Jurai Pesisir Selatan memberikan sosialisasi dan sertifikat halal gratis kepada puluhan UMKM di Nagari Sago Salido di kantor walinagari setempat, Kamis (30/5).  (ANTARA/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Pemerintah Nagari Sago Salido bersama KUA IV Jurai Pesisir Selatan memberikan sosialisasi dan sertifikat halal gratis kepada puluhan UMKM di Nagari Sago Salido di kantor walinagari setempat, Kamis (30/5).

Walinagari Sago Salido,Syafriadi menjelaskan, Program Sertifikat Halal Gratis merupakan program dari Kementerian Agama RI yang diberikan hanya untuk satu juta UMKM di Indonesia.

Salah satunya Nagari Sago Salido yang mendapatkan program ini melalui KUA IV Jurai. Tentu, program ini sangat membantu bagi UMKM untuk kemudahan pengurusan dan tidak adanya biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikat halal ini.

"Ya, sertifikat halal menjadi sangat penting bagi UMKM untuk peningkatan kepercayaan, persepsi konsumen, akses pasar dan nilai tambah bagi produk UMKM tersebut," katanya.

Pada kesempatan itu KUA IV Jurai memberikan penyuluhan tentang sertifikat halal gratis, terutama tentang manfaat secara kualitas produk, ekonomi dan agama didepan puluhan pelaku UMKM .

"Dalam hal ini KUA IV Jurai juga memberikan apresiasi kepada Walinagari Sago Salido atas kesiapan dan semangatnya untuk pengembangan UMKM di Nagari Sago Salido," sebutnya.

Dalam kesempatan itu Walinagari Sago Salido, Syafriadi juga mengucapkan terima kasih banyak kepada Kemenag RI dan KUA IV Jurai yang telah memberikan kesempatan bagi UMKM Nagari Sago Salido untuk mendapatkan sertifikat halal gratis.

"Semoga ini akan mampu memberikan peningkatan ekonomi bagi UMKM di Nagari Sago Salido ke depan. Program ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Nagari Sago Salido untuk terus berupaya melakukan terobosan kemajuan dan kesejahteraan bagi UMKM di nagari ini," tutupnya.