BI Sumbar siapkan Rp3,6 triliun uang baru untuk kebutuhan Lebaran

id bank indonesia,penukaran uang,bi sumbar,jasa penukaran uang,Padang

BI Sumbar siapkan Rp3,6 triliun uang baru untuk kebutuhan Lebaran

Petugas bank melayani warga yang menukarkan uang di Gedung Memorabilia atau Museum Bank Indonesia Muaro di Jalan Batang Arau Padang, Selasa (19/3/2024). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan jasa penukaran uang baru senilai Rp3,6 triliun untuk melayani kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"BI menyediakan uang Rp3,6 triliun dimana Rp2,6 triliun sudah diedarkan ke berbagai bank yang ada di Sumbar," kata Kepala BI Perwakilan Sumbar Endang Kurnia Saputra di Padang, Selasa.

Eks Deputi Kepala BI Perwakilan DKI Jakarta tersebut mengatakan pada momentum Idul Fitri 1445 Hijriah, BI setempat menyiapkan 156 lokasi penukaran uang baru yang tersebar di 19 kabupaten dan kota.

"Jadi, masyarakat bisa menukarkan di bank mana saja," kata Endang.

Endang mengatakan jasa penukaran uang baru tersebut tidak hanya bekerja sama dengan himpunan bank milik negara atau himbara namun juga melibatkan bank swasta maupun milik Pemerintah Provinsi Sumbar yakni Bank Nagari.

Khusus di Kota Padang masyarakat dapat menukarkan uang pecahan baru di Gedung Memorabilia atau Museum Bank Indonesia Muaro di Jalan Batang Arau Padang.

"Untuk penukaran uang di kas BI, setiap orang dibatasi Rp4 juta," kata Adang sapaan akrabnya.

Namun, bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang dengan jumlah lebih dari Rp4 juta maka bisa kembali masuk atau mendaftar lewat aplikasi Pintar untuk mendapatkan uang pecahan baru.

BI menyiapkan enam jenis pecahan uang baru yakni pecahan Rp1.000, Rp2.000, Rp5.000, Rp10.000, Rp20.000 dan pecahan Rp50.000. Bagi masyarakat Kota Padang dapat memanfaatkan jasa penukaran uang baru di Gedung Memorabilia atau museum BI Padang sejak 19 dan 28 Maret serta 3 April 2024.

Sementara itu, Da Zul (31) salah seorang warga Kota Padang mengatakan sangat terbantu dengan adanya jasa penukaran uang pecahan baru yang dilakukan BI Perwakilan Sumbar. Biasanya, menjelang Hari Raya Idul Fitri masyarakat memang menunggu dan memanfaatkan momentum itu untuk kebutuhan Lebaran.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BI Sumbar siapkan Rp3,6 triliun uang baru untuk kebutuhan Lebaran