Ribuan personel Polda Sumbar gelar aksi bersih pantai di Padang

id Polri,Polisi,Polda,Sumbar

Ribuan personel Polda Sumbar gelar aksi bersih pantai di Padang

Personel Polda Sumbar beserta jajaran melakukan aksi bersih Pantai Cimpago, Kota Padang pada Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-PoldaSumbar

Padang (ANTARA) - Ribuan personel Kepolisian Daerah Sumatra Barat (Sumbar) menggelar aksi sosial berupa pembersihan sampah di kawasan pantai Padang, Selasa.

"Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap kebersihan lingkungan, ada dua ribu personel Kepolisian yang dilibatkan," kata Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono di Padang.

Ia mengatakan ribuan personel itu melakukan pemungutan sampah yang berserakan di sepanjang pantai, mulai dari kawasan Pantai Cimpago, Padang.

Selain personel Kepolisian, kegiatan juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar dan para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Padang.

Ia mengatakan aksi sosial tersebut juga merupakan bagian dari Cooling System untuk menjadikan suasana wilayah baik internal maupun eksternal itu menjadi sejuk, nyaman, indah, tertib, dan tertata dengan baik.

"Ada tiga budaya nasional yang dulu pernah dicanangkan dan harus dilanjutkan sampai sekarang, yaitu budaya bersih, budaya tertib, dan budaya kerja," katanya.

Ia melanjutkan kegiatan peduli kebersihan ini juga dilaksanakan secara serentak se- Sumatera Barat dipimpin oleh para Kapolres dan Kapolresta.

Menurut Kapolda, kegiatan itu akan menjadi agenda rutin dengan sasaran objek yang lain seperti tempat ibadah atau fasilitas umum yang ramai aktivitas.

Ia berharap semangat kebersihan itu bisa berkembang ke lingkungan masyarakat, bukan hanya oleh aparat Kepolisian maupun unsur Forkopimda.

Jenderal bintang dua tersebut juga mengimbau kepada masyarakat untuk memacu, memicu dan memberikan ketauladanan dalam menjaga kebersihan.

Selain aksi bersih pantai, pada momen tersebut Polda Sumbar juga menggelar bakti kesehatan yang dilakukan oleh Biddokkes Polda Sumbar berupa pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat secara gratis kepada masyarakat.