Pembangunan Pelabuhan Panasahan Pesisir Selatan dimulai

id Pembangunan Pelabuhan Panasahan Pesisir Selatan,berita pessel,berita sumbar

Pembangunan Pelabuhan Panasahan Pesisir Selatan dimulai

Kepala KSOP Kelas II Teluk Bayur Padang, Jondra Juis, S.E, M.Si, saat meresmikan dimulainya pembangunan tersebut bersama Bupati Pesisir Selatan, Drs Rusma Yul Anwar, M.Pd, Rabu (31/1). (Antara/HO-Diskominfo Pessel)

Painan (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur Padang, Sumatera Barat mengatakan pengembangan pembangunan Pelabuhan Panasahan Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), mulai dilaksanakan tahun ini.

Hal ini disampaikan Kepala KSOP Kelas II Teluk Bayur Padang, Jondra Juis, saat meresmikan dimulainya pembangunan tersebut bersama Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, Rabu (31/1).

Dalam sambutannya Jondra Juis mengatakan, melalui pengembangan Pelabuhan Panasahan Carocok Painan, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi dan mendukung perekonomian Kabupaten Pesisir Selatan.

“Kita juga berharap dengan pengembangan sarana transportasi pelabuhan Panasahan ini akan lebih baik dan menjadi primadona Sumatera Barat,” katanya.

Kepala KSOP Teluk Bayur mengatakan pembangunan ini dilaksanakan secara multiyears, dimana tahun ini telah dianggarkan Rp57 miliar dan selesai di bulan September.

“Untuk tahun berikutnya dianggarkan sekitar Rp 116 miliar yang perencanaannya melalui 3 Kementerian,” katanya.

Sementara itu Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengapresiasi upaya yang dilakukan pihak KSOP Kelas II Teluk Bayur ini.

“Ini adalah wujud sinergitas kita bersama dalam upaya menjadikan Pelabuhan Panasahan Carocok Painan ini sebagai salah satu pelabuhan penyangga setelah Teluk Bayur,” ungkapnya.

Bupati juga mengatakan dengan pengembangan pelabuhan ini diharapkan transportasi kendaraan yang membawa minyak sawit dan logistik lainnya yang berasal dari wilayah Selatan daerah kita ini, dapat melalui ke pelabuhan ini.

“Dengan demikian wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Selatan bisa dengan nyaman melewati jalan yang ada saat ini, yang pada akhirnya semakin meningkatkan kunjungan wisata ke daerah kita,” tambahnya.

Rusma Yul Anwar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah yang telah membangun pelabuhan ini, khususnya Kementerian Perhubungan dibawah kepemimpinan Bapak Budi Karya Sumadi.

“Harapannya pembangunan secara terpadu yang kita lakukan ini semakin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Pesisir Selatan,” tutupnya.

Bupati Pesisir Selatan bersama Kepala KSOP Kelas II juga melakukan pemotongan kambing pertanda dimulainya pelaksanaan pengembangan pembangunan pelabuhan ini.

Kegiatan ini juga dihadiri jajaran KSOP Kelas II Teluk Bayur, Forkopimda Pesisir Selatan, Kapolres Pessel diwakili Kasat Reskrim AKP Andra Nova,SH,MH, Dandim 0311/ Pesisir Selatan Letkol inf Sunardi S.H, Kajari Pesisir Selatan, Raymund H. Sihotang, S.H.,M.H Kepala Dinas Perhubungan dan, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.