Wali kota targetkan pembangunan RSUD Kota Solok rampung tahun 2024

id Wako targetkan pembangunan RSUD, Kota Solok,RS Kota Solok

Wali kota targetkan pembangunan RSUD Kota Solok rampung tahun 2024

Wali Kota Solok Zul Elfian Umar bersama Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra mendampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi mengunjungi RSUD Kota Solok. (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Wali Kota Solok Zul Elfian Umar menargetkan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Banda Panduang, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat rampung pada tahun 2024.

"Untuk pembangunan RSUD Kota Solok diperkirakan rampung sepenuhnya pada tahun 2024 ini," kata dia.

Untuk itu, ia akan terus mendorong percepatan terhadap pembangunan RSUD Kota Solok tersebut.

Ia mengatakan nantinya RSUD Kota Solok ini akan melayani rawat inap, rawat jalan, klinik mata, klinik penyakit dalam, klinik bedah, klinik THT, dan sebagainya.

Dengan demikian akan dibentuk Badan Layanan Umum Daerah yang dipimpin oleh Bagian Perekonomian Pemkot Solok, agar rumah sakit kelas C yang sedang dibangun ini dapat lebih mengembangkan pelayanannya.

Ia juga menyebut dalam perencanaannya, keberadaan rumah sakit ini nantinya tidak saja dijadikan sebagai penyeimbang lonjakan pasien rawat inap dan rawat jalan yang ada di RSUD M. Natsir milik pemerintah provinsi, serta RST Solok.

Namun juga dijadikan sebagai rumah sakit rujukan di kawasan daerah tersebut dan tidak tertutup kemungkinan akan menerima rujukan dari daerah lain.

“Sesuai dengan visi dan misi Pemkot Solok di bidang kesehatan, yaitu agar terwujudnya pelayanan kesehatan secara merata dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat," katanya.

RSUD Kota Solok nantinya juga akan melayani masyarakat dengan penerima program jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia sehat (JKN-KIS) yang dijalankan oleh Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Ia berharap rampungnya pembangunan RSUD Kota Solok ini dengan dilengkapi tenaga kesehatan dan alat-alat kesehatan yang berkualitas, tentu ke depannya pelayanan kesehatan masyarakat bisa menjadi lebih maksimal.

Pada era revolusi industri 4.0 saat ini, transformasi layanan sektor kesehatan merupakan suatu kebutuhan dan keniscayaan untuk solusi efektif di tengah tingginya kesadaran masyarakat akan kesehatan.

Termasuk juga pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan menjadi salah satu tuntutan yang harus diakomodasi dengan baik, agar RSUD Kota Solok ini nantinya bisa berfungsi dengan maksimal terhadap kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan.