BMKG: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan lebat

id HUJAN LEBAT

BMKG: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan lebat

Ilustrasi - Pengendara sepeda motor menerobos hujan lebat yang mengguyur ruas Jalan Raya Cilacap-Yogyakarta, Desa Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap, Jumat (1/12/2023). ANTARA/Sumarwoto

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian provinsi di Indonesia berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada Sabtu.

Dikutip dalam laman resmi BMKG di Jakarta, wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang yakni di Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu.

Kemudian DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung.

Lalu, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

"Kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan," katanya.

Ia menyampaikan khusus untuk daerah bertopografi curam, bergunung, tebing atau rawan longsor dan banjir, masyarakat setempat diminta untuk tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.

Baca juga: Hujan lebat disertai petir diperkirakan landa sejumlah kota besar

Baca juga: BMKG: Cuaca di Indonesia bagian selatan kondusif untuk penyeberangan

Baca juga: Cuaca cerah hingga hujan ringan diprediksi landa kota-kota besar

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sejumlah provinsi berpotensi diguyur hujan lebat pada Sabtu