Panahan berkuda pertama di Sumbar hadir di Pariaman

id Panahan berkuda pertama di Sumbar,Berita sumbar

Panahan berkuda pertama di Sumbar hadir di Pariaman

Penjabat Wali Kota Pariaman, Sumbar Roberia melakukan olahraga panahan di Pariaman. Antara/HO-Diskominfo Pariaman 

Pariaman (ANTARA) - Panahan berkuda pertama di Sumatera Barat (Sumbar) hadir di Kota Pariaman sebagai upaya latihan olahraga yang disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW saat ini mulai berkembang.

"Olahraga panahan berkuda Pariaman merupakan kegiatan yang satu-satunya di Sumbar. Apalagi atlet Pariaman yang olahraga panahan berkuda sudah juara tiga tingkat nasional," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Minggu.

Ia mengatakan panahan berkuda merupakan cabang olahraga ethnosport atau olahraga tradisional yang sedang berkembang di dunia saat ini.

Olahraga ini, lanjutnya dipenuhi dengan unsur budaya dan sejarah dan merupakan olahraga yang disunnahkan Rasulullah SAW.

"Kami berharap sarana olahraga panahan berkuda ini semoga menjadi sarana latihan dan sarana prestasi untuk generasi Pariaman," katanya.

Pembina Paraquest Pariaman, Syafruddin Tamar mengungkapkan bahwa paraquest di Pariaman ini merupakan dibawah NIBIIS Kota Pariaman dan satu kelompok dengan Yayasan Anak Bina Indonesia. Yayasan ini bergerak dibidang pendidikan dan hal-hal untuk meningkatkan kualitas SDM.

“Paraquest yang kita buat sekarang adalah untuk mendidik secara keterampilan kepada anak-anak didik NIBIIS Kota Pariaman. Selain itu, untuk mengasah keterampilan anak-anak yang khususnya tinggal di Kota Pariaman”, katanya.

“Semoga dengan adanya sarana olahraga panahan berkuda, anak-anak Kota Pariaman mempunyai keterampilan olahraga yang di sunahkan oleh Rasulullah SAW," tambahnya.