Semen Padang sumbangkan 400 kantong darah serta donasi bagi Palestina

id Donor darah, semen Padang

Semen Padang sumbangkan 400 kantong darah serta donasi bagi Palestina

Aksi donor darah yang dilakukan PT Semen Padang dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan di Padang. (Antara/HO-Humas Semen Padang).

Padang (ANTARA) - BUMN PT Semen Padang menyumbangkan 400 kantong darah ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang serta mengumpulkan donasi belasan juta rupiah bagi masyarakat Palestina.

"Dua aksi sosial ini dalam rangka memaknai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Solidaritas Kemanusiaan Internasional," kata Direktur Keuangan dan Umum PT Semen Padang Oktoweri di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis.

Oktoweri menyebutkan sumbangan 400 kantong darah tersebut menunjukkan rasa kepedulian dari karyawan Semen Padang Group dan masyarakat di lingkungan perusahaan dalam memaknai Hari Kesetiakawanan Nasional.

Sebelumnya, kata dia, perusahaan semen tertua di Asia Tenggara tersebut berhasil mengumpulkan sekitar 1.500 kantong darah. Artinya, selama 2023 perusahaan itu telah menyumbangkan 1.900 kantong darah ke PMI Kota Padang.

Sementara itu Wakil Ketua PMI Kota Padang Zaiful Zakaria menyambut baik aksi kemanusiaan yang dilakukan pendonor maupun PT Semen Padang. Saat ini, kata dia, kebutuhan darah di 32 rumah sakit se-Sumbar tergolong tinggi, yakni mencapai 5.000 kantong per bulan.

"Semoga donor darah rutin ini bisa semakin meningkatkan rasa kemanusiaan dan solidaritas semakin tertanam kuat di lingkungan PT Semen Padang," ujarnya.

Salah seorang karyawan PT Semen Padang, Doni Maizwar, mengaku telah 51 kali mengikuti donor darah. Bahkan karyawan Unit Sarana Umum Semen Padang itu mendapatkan piagam penghargaan dari PMI.

"Donor darah ini sangat banyak manfaatnya. Selain untuk kesehatan, donor darah juga bermanfaat untuk menolong sesama," ujarnya.

Pendonor lainnya, Hendratmo, mengaku secara sukarela mengikuti donor darah yang diinisiasi PT Semen Padang. Dengan mendonorkan darah, ia berharap dapat membantu menyelamatkan orang-orang yang membutuhkan.

"Setetes darah begitu bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan darah di rumah sakit," kata Hendratmo.