Portugal melaju sempurna di kualifikasi Euro 2024

id Kualifikasi Euro 2024,Portugal,Cristiano Ronaldo

Portugal melaju sempurna di kualifikasi Euro 2024

Bruno Fernandes. ANTARA/AFP/VLADIMIR SIMICEK

Jakarta (ANTARA) - Timnas Portugal menutup kualifikasi Euro 2024 Jerman dengan laju sempurna menyusul kemenangan melawan Islandia di laga terakhir dengan skor 2-0 melalui gol Bruno Fernandes (37’) dan Ricardo Horta (66’) di Estadio Jose Alvalade, Senin WIB, demikian catatan dari UEFA.

Kemenangan itu membuat tim asuhan Roberto Martinez itu menyempurkan lajunya di kualifikasi Euro 2024 Jerman Grup J yang selalu menang dari 10 laga.

Portugal menjadi satu-satunya negara yang tampil sempurna di kualifikasi Euro 2024. Catatan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan hanya dapat disamai timnas Prancis yang hingga kini mengumpulkan tujuh kemenangan dari tujuh laga dan menyisakan satu laga melawan Yunani pada Rabu (22/11) mendatang.

“Yang ini tercatat dalam buku sejarah: Portugal menyelesaikan babak kualifikasi dengan rekor sempurna untuk pertama kalinya,” tulis dari laman resmi media sosial resmi sepak bola Portugal, Senin.

Tidak hanya menyapu bersih 10 laga dengan kemenangan, Portugal juga menjadi tim paling produktif yaitu 36 gol dan tim yang memiliki goal difference terbaik yaitu 34 atau hanya kebobolan dua laga dari 10 laga yang dijalani.

Juga, Os Navegadores menempatkan dua pemainnya di jajaran pencetak gol dan assist terbanyak. Bintang Al Nassr, Ronaldo bercokol sebagai di papan atas pencetak gol terbanyak dengan 10 gol, di bawah Romelu Lulaku yang mengumpulkan 14 gol.

Lalu, di deretan assist, gelandang kreatif Manchester United Bruno Fernandes menjadi top assist dengan 7 assists.

Portugal telah memastikan tiket lolos Euro 2024 satu bulan lalu, tepatnya pada laga ketujuh Grup J ketika mereka mengandaskan perlawanan Slovakia dengan skor 3-2.

Berikut hasil kualifikasi Euro 2024 Jerman, Minggu WIB:

Grup A

Skotlandia 3-3 Norwegia

Spanyol 3-1 Georgia

Grup F

Belgia 5-0 Azerbaijan

Swedia 2-0 Estonia

Grup J

Bosnia & Herzegovina 1-2 Slovakia

Liechtenstein 0-1 Luksemburg

Portugal 2-0 Islandia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Portugal melaju sempurna di kualifikasi Euro 2024