Timnas AS U-17 amankan tiga poin usai tekuk Burkina Faso 2-1

id Timnas Amerika Serikat U-17,Timnas Burkina Faso U-17,Piala Dunia U-17,FIFA World Cup U-17

Timnas AS U-17 amankan tiga poin usai tekuk Burkina Faso 2-1

Pesepak bola Timnas Amerika Serikat Keyrol Figueroa berlutut sebagai tanda syukur usai mencetak gol ke gawang Timnas Burkina Faso dalam penyisihan Grup E Piala Dunia U-17 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Rabu (15/11/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/YU

Jakarta (ANTARA) - Timnas sepak bola Amerika Serikat U-17 amankan tiga poin penuh usai menekuk Burkina Faso 2-1 dalam pertandingan kedua Grup E Piala Dunia U-17, yang berlangsung di Jakarta International Stadium, Jakarta, Rabu.

Tambahan tiga poin tersebut membuat tim berjuluk Baby Nats tersebut berpeluang besar mengamankan satu tiket ke babak 16 besar.

Pada 15 menit awal, Amerika Serikat mencoba memainkan tempo pertandingan, namun Burkina Faso yang menerapkan garis pertahanan rendah membuat kesulitan anak asuh Gonzalo Segares itu untuk menembus pertahanan.

Burkina Faso bermain dengan umpan-umpan panjang ke depan, membuat Amerika Serikat kesulitan mengatasi dua winger lincah Ousmane Camara dan Idrissa Sore yang kerap memberikan teror dari sektor sayap.

Pada menit ke-28, Outtara melepaskan tembakan spekulasi namun masih melebar dari gawang Beaudry.

Umpan langsung ke sayap kanan mengarah ke Ousmane yang berhadapan satu lawan satu dengan Reid-Brown, melakukan gerak tipuan sebelum melepaskan tembakan yang melenceng tipis di sisi kanan Beaudry.

Amerika Serikat yang terus diserang malah mampu unggul terlebih dahulu. Pergerakan umpan satu dua antara Berchimas dan Rudisill membuat sektor kiri pertahanan Burkina Faso keteteran, Rudisill yang mendapat ruang memberikan umpan tarik dan mampu diselesaikan menjadi gol oleh Figueroa pada menit ke-45.

Pada perpanjangan waktu, pergerakan di sektor kanan dari Miller melepaskan umpan silang yang langsung disambut Berchimas untuk membawa Amerika Serikat unggul 2-0.

Pada awal babak kedua, gol Berchimas dianulir karena telah berada di posisi offside.

Lalu di menit ke-60, Burkina Faso menambah daya serang dengan memasukkan penyerang Bougma menggantikan gelandang Sore. Dua menit berselang, Bougma gagal memanfaatkan peluang dari umpan silang yang dikirimkan Alio.

Amerika yang telah unggul 2-0, cenderung bermain pragmatis dan mengincar transisi serangan balik selama pertengahan babak kedua.

Di menit ke-70, berawal dari salah umpan Matthew Corcoran, pressing ketat Burkina Faso memberikan ruang tembak untuk Bryce Jamison. Namun sepakan Jamison terlalu lemah sehingga mudah ditangkap Beaudry.

Hingga menit ke-78, Burkina Faso praktis terus mengurung pertahanan Amerika Serikat. Namun penyelesaian akhir menjadi kendala lini depan yang selalu menemui kebuntuan untuk mengonversikan gol.

Menit ke-87, melalui skema transisi cepat, aksi solo run dari Jack Diarra menembus lini pertahanan Amerika Serikat dan melepaskan tembakan, Beaudry gagal mengantisipasi tembakan yang meluncur di sisi kanan gawang tersebut. Skor berubah menjadi 2-1 dengan keunggulan tetap milik Amerika Serikat.

Dua menit berselang, Jack Diarra kembali memperoleh ruang namun tembakannya masih membentur mistar gawang Beaudry.

Hingga tambahan waktu babak kedua tidak ada peluang yang tercipta diantara kedua tim, skor berakhir dengan kemenangan Amerika Serikat 2-1.

Hasil tersebut membuat Amerika Serikat untuk sementara memimpin klasemen Grup E dengan total raihan enam poin. Lalu di posisi kedua diikuti oleh Prancis yang masih akan memainkan pertandingan kedua menghadapi Korea Selatan pada pukul 19.00 WIB.

Daftar susunan pemain:

Amerika Serikat (4-3-3): Adam Beaudry (GK) Oscar Verhoeven, Tahir Reid-Brown, Tyler Hall, Stuart Hawkins, Matthew Corcoran, Nimfasha Berchimas, Pedro Soma, Peyton Miller, Keyrol Figueroa, Paulo Rusidill.

Pelatih: Gonzalo Segares

Burkina Faso (4-2-3-1): Isidore Traore (GK), Junior Traore, Lassina Traore, Faycal Traore, Landry Yameogo, Ouedraogo Emmanuel, Idrissa Sore, Bah Balde, Arouna Outtara, Ousmane Camara, Souleymane Alio.

Pelatih: Brahima Traore

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Timnas AS U-17 amankan tiga poin usai tekuk Burkina Faso 2-1