Pegiat pariwisata apresiasi Pemkab Agam pasang papan informasi geosite

id Pemasangan papan informasi geosite,agam,ngarai sianok

Pegiat pariwisata apresiasi Pemkab Agam pasang papan informasi geosite

Salah satu papan informasi geosite di kawasan Geopark Ngarai Sianok Maninjau, Kabupaten Agam, Sumbar.ANTARA/Altas Maulana

Lubuk Basung, Sumbar (ANTARA) - Pegiat pariwisata mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, memasang papan informasi geosite guna mendukung pengembangan Geopark Ngarai Sianok Maninjau.

"Semoga ini menambah semangat bagi rekan pokdarwis atau pengelola di masing masing geosite. Perlu kita tingkatkan dalam hal sistem tata kelola destinasi di masing geosite yang melibatkan semua unsur agar keberadaan geosite dapat dipertanggungjawabkan dan dikelola secara bersama sama dengan baik," kata Ketua Asosiasi Kelompok Sadar Wisata Agam Jakfar di Lubuk Basung, Sumbar, Minggu.

Ketua Bidang Tata Kelola Destinasi dan Pengembangan SDM Tim Percepatan Pengembangan Desa Wisata Propinsi Sumatra Barat Mochammad Abdi mengatakan langkah ini sebagai penegasan pengembangan wisata geosite di Geopark Ngarai Sianok Maninjau, khususnya di Kabupaten Agam.

"Papan informasi ini sangat bermanfaat bagi para pengunjung untuk mengetahui apa yang ada di masing-masing geosite. Ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Agam dalam pengembangan kawasan Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau," katanya.

Ia menyebutkan di Kabupaten Agam hingga saat ini baru terdaftar 27 geosite dan masih banyak kawasan yang belum terekspos.

"Dengan pemasangan papan informasi di 15 geosite tersebut sudah merupakan langkah maju yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Agam," katanya.

Ketua Harian BP Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau Ahmad Fadly mengatakan pembuatan papan informasi di kawasan Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau akan memberikan informasi yang jelas dan informatif kepada pengunjung.

"Desain papan informasi harus mencakup informasi geologi, ekologi, dan budaya yang dapat membantu pengunjung memahami pentingnya kawasan ini sebagai geopark nasional," katanya.

Selain itu, papan informasi juga harus dilengkapi dengan peta dan ilustrasi visual yang menarik, sehingga pengunjung dapat dengan mudah merencanakan dan memahami rute wisata di sekitar Ngarai Sianok Maninjau.

"Dengan menyajikan informasi yang komprehensif, papan informasi dapat menjadi sumber pengetahuan yang bernilai bagi pengunjung. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan memberikan pengalaman wisata yang mendalam di Geopark Nasional Ngarai Sianok Maninjau," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olah Raga Kabupaten Agam Satria mengatakan papan informasi juga dipasang untuk memberikan pelajaran dari informasi yang disampaikan melalui karakter tulisan dan gambar menarik.

"Ini kita tujukan sebagai penambah daya tarik wisata terutama di masing-masing geosite, sekaligus edukasi bagi generasi penerus, terima kasih atas kerja sama semua pihak," kata dia.