Gubernur Sumbar apresiasi inovasi Pegadaian ubah sampah bernilai ekonomi

id Gubernur Sumbar ,Berita sumbar,Berita padang,PT. Pegadaian

Gubernur Sumbar apresiasi inovasi Pegadaian ubah sampah bernilai ekonomi

Gubernur Sumbar Mahyeldi menghadiri Malam Penghargaan Bank Sampah Binaan Pegadaian (ANTARA/HO-PT Pegadaian)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi inovasi yang dilakukan PT Pegadaian yang mengubah sampah menjadi barang yang bernilai ekonomis.

"Kami merasa sangat bangga bisa hadir di Malam Penghargaan Bank Sampah dan berkumpul dari perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia," kata dia dalam Malam Penghargaan Bank Sampah Binaan PT. Pegadaian, Forum Sahabat Emas Peduli Sampah Indonesia (FORSEPSI), di Padang, Rabu malam.

Menurut dia acara ini adalah sebuah bukti nyata kepedulian kita semua telah berkontribusi dalam upaya mengemaskan sampah, tidak hanya di Sumbar tetapi sudah se Indonesia.

Ia mengaku bangga bahwa PT. Pegadaian telah berinovasi dan berkomitmen memberikan yang terbaik dalam menjaga kebersihan lingkungan, mendaur ulang sampah.

"Dan menjadikan Sumbar sebagai contoh dalam pelestarian lingkungan," kata dia

Sementara Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan PT Pegadaian, Eka Febriansyah mengatakan malam penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi untuk Bank Sampah se Indonesia.

"Memang kita lombakan Bank Sampah ini dan malam ini adalah puncaknya dan juga puncak kegiatan kita di tahun 2023 di Kota Padang. Kita ada beberapa kegiatan seperti Hari Lingkungan Hidup dan ada Hari Sampah Nasional juga,’ ujarnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi Pemerintah Kota Padang serta Pemerintah Provinsi yang konsen dengan pengelolaan sampah.

“Dan ini terbukti memang, salah satu Bank Sampah yang ada di sini Bank Sampah Panca Daya itu pengelolaannya luar biasa. Makanya pada mala mini selain apresiasi lomba kita menyerahkan tiga unit mobil truk sampah untuk tiga bank sampah dan ini juga yang pertama,” ujarnya.

Ia berharap, akan banyak lagi Bank-bank Sampah yang bersinergi dengan PT Pegadaian, yang terintegrasi sehingga banyaklah sinergitas yang bisa dilakukan.

“Kita juga ingin dua hal yang kita dapatkan, pertama lingkungan yang bersih dan sehat dan mengedukasi masyarakat peduli sampah selain itu meningkatkan ekonominya yaitu menjadi emas,” kata dia