BMKG: Sebagian kota besar diprakirakan berawan hingga hujan pada Jumat

id bmkg, prakiraan cuaca jumat

BMKG: Sebagian kota besar diprakirakan berawan hingga hujan pada Jumat

Ilustrasi - Pengendara kendaraan bermotor menerobos banjir rob yang melanda Jalan Kalimas Baru, Surabaya, Jatim. ANTARA/HO-BMKG Maritim Tanjung Perak

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian kota besar di Indonesia mengalami cuaca berawan hingga hujan pada Jumat.

Berdasarkan informasi InfoBMKG yang diikuti di Jakarta, di Pulau Sumatera, Kota Padang umumnya berawan, Pekanbaru berkabut, dan Tanjungpinang diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Perlu diwaspadai untuk wilayah Banda Aceh diperkirakan hujan yang disertai dengan petir dan Medan diprakirakan hujan lebat.

Untuk Kota Bengkulu, Bandar Lampung, dan Pangkal Pinang umumnya berawan. Kota Jambi berkabut dan Kota Palembang diperkirakan cerah berawan.

Beralih ke Pulau Jawa, untuk Kota Serang, Jakarta, dan Yogyakarta umumnya berawan. Kota Bandung diprakirakan cerah berawan dan juga Surabaya cerah berawan. Sedangkan, Semarang diprakirakan hujan dengan intensitas ringan.

Selanjutnya, untuk Kota Denpasar dan Kupang umumnya cerah berawan, sedangkan Mataram diprakirakan berawan.

Menuju ke Kalimantan, Kota Palangka Raya dan Samarinda diprakirakan berkabut. Banjarmasin dan Kota Tanjung Selor diprakirakan berawan.

Sedangkan, hujan ringan diprakirakan terjadi di Pontianak.

Di Pulau Sulawesi, Kota Mamuju, Makassar, dan Manado umumnya berawan. Kota Palu dan Gorontalo diprakirakan cerah berawan dan Kendari cerah.

Menuju ke timur Indonesia, Kota Ternate dan juga Jayapura diprakirakan hujan dengan intensitas ringan. Kota Ambon dan Manokwari diprakirakan berawan.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyampaikan prediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober dan awal musim hujan secara bertahap dimulai awal November 2023.

Namun, akibat tingginya keragaman iklim, maka awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sementara, puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada Januari-Februari 2024.

Awal musim hujan, kata dia, berkaitan erat dengan peralihan monsun Australia menjadi monsun Asia. Saat ini, monsun Asia sudah mulai memasuki wilayah Indonesia, sehingga diprediksi pada November akan mulai turun hujan.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Sebagian kota besar diprakirakan berawan hingga hujan pada Jumat