Perekrutan Anggota Saka Kalpataru SMA Negeri 4 Kota Solok

id SMA Negeri 4 Kota Solok,berita solok,berita sumbar

Perekrutan Anggota Saka Kalpataru SMA Negeri 4 Kota Solok

Solok (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup kunjungi SMA Negeri 4 Kota Solok dalam rangka rekrutmen anggota Saka Kalpataru Kota Solok, dihadiri oleh Agus Susanto, SH, Kabid Perlindungan dan Penegakan Hukum Lingkungan beserta staf dan Satria Arjuna sebagai Pamong Kalpataru, ketika siswa sedang melakukan ekstrakurikuler Pramuka, Rabu (11/10).

Satuan Karya Pramuka Kalpartaru yang disingkat dengan Saka Kalpataru adalah Satuan Karya Pramuka tempat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan dan kecakapan, kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega serta wadah untuk menanamkan kepedulian dan rasa tanggung jawab dalam mengelola, menjaga, mempertahankan dan melestarikan lingkungan untuk keberlanjutan generasi sekarang dan mendatang.

Kunjungan diawali dengan penyampaian materi tentang Saka Kalpataru oleh Agus Susanto, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan rencana kegiatan dan Program Saka Kalpataru yang disampaikan oleh Pamong Kalpataru.

“Saka Kalpataru Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok dibentuk untuk membudidayakan kebiasaan hidup bagi generasi muda dalam mencintai lingkungan hidup sebagai paru-paru dunia, sehingga masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan hidup,” jelasnya.

Program pertama kegiatan Saka Kalpataru meliputi pelantikan peserta, pembagian krida antara lain 3R (Recycle, Reduse dan Reuse), perubahan iklim dan konservasi keanekaragaman hayati, dan diakhiri dengan pembagian formulir pendaftaran, yang akan dijemput kembali pada hari Jumat lusa.

Adapun bentuk dan macam kegiatan Saka Kalpataru antara lain Latihan Saka secara berkala terkait materi Krida Lingkungan Hidup, Perkemahan Bakti Saka dalam rangka bakti lingkungan kepada masyarakat kemudian Perkemahan Saka untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman (kampanye lingkungan) dan terakhir Kegiatan khusus untuk kepentingan terkait hari hari peringatan lingkungan hidup sedunia, kegiatan lomba, hari Pramuka dsb.

Agus berharap semoga keberadaan Saka Kalpataru merupakan satu indikator mendukung kerja pemerintah untuk menjadikan lingkungan hidup yang lebih berkualitas, nyaman, bersih serta lingkungan yang selalu bisa berdampingan.