Lantamal Padang siap kawal Pemilu Serentak 2024

id Lantamal,TNI,HUT,Padang,Sumbar

Lantamal Padang siap kawal Pemilu Serentak 2024

Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Benny Febri saat menjadi inspektur upacara parade dan defile peringatan HUT Ke-78 TNI di Padang, Sumbar, Kamis (5/10/2023). ANTARA/HO-Lantamal II Padang

Padang (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang, Sumatera Barat, menyatakan komitmennya untuk mengawal dan mengamankan pesta demokrasi pada tahun 2024 sesuai dengan amanat Panglima TNI.

Hal itu disampaikan oleh Komandan Lantamal II Laksamana Pertama TNI Benny Febri usai menjadi inspektur upacara parade dan defile peringatan HUT Ke-78 TNI di Padang, Kamis.

"Pada momen peringatan HUT TNI kali ini kami menyatakan komitmen untuk mengawal serta menyukseskan Pemilu Serentak 2024," katanya.

Laksamana Pertama TNI Benny Febri menegaskan bahwa komitmen tersebut sudah sesuai dengan tema peringatan HUT TNI: TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

Menurut dia, tema itu mengandung makna bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi.

Hal tersebut demi mewujudkan Indonesia sebagai negara yang berdaulat, mandiri, maju, dan sejahtera ke depannya.

"Ini sesuai dengan sambutan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bahwa Pemilu Serentak 2024 harus dikawal dengan maksimal," katanya.

Pada perhelatan demokrasi itu akan dilaksanakan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, pemilu anggota legislatif, serta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Oleh karena itu, dukungan secara maksimal akan diberikan oleh TNI, khususnya TNI AL, untuk mewujudkan pemilu yang damai, aman, dan kondusif.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga mengingatkan kepada seluruh prajurit agar netral dan tidak terlibat dalam politik praktis terkait dengan kontestasi Pemilu 2024.

Peringatan HUT Ke-78 TNI dipusatkan di kawasan pantai Danau Cimpago, Purus, Kota Padang. Selain upacara, kegiatan juga diisi dengan defile dan sejumlah atraksi demo dari prajurit TNI, Polri, dan lainnya.