Unand bekali mahasiswa baru dengan karakter andalasian

id Pembekalan mahasiswa baru, universitas Andalas

Unand bekali mahasiswa baru dengan karakter andalasian

Sekitar 900 mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 dengan pendidikan karakter andalasian di Padang, Selasa, (1/8/2023). ANTARA/HO-Humas Unand.

Padang (ANTARA) - Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar) membekali sekitar 900 mahasiswa baru tahun ajaran 2023/2024 dengan pendidikan karakter andalasian sebagai bekal awal menjadi mahasiswa.

"Unand memahami untuk membangun jiwapun perlu komprehensif yakni membangun sisi intelektual, sisi emosional dan sisi spiritual. Oleh karena itu, Unand mengemasnya dalam bentuk karakter andalasian," kata Rektor Unand Prof Yuliandri di Padang, Selasa.

Rektor menjelaskan karakter andalasian dibangun dari karakter ilmu, amal dan sosial yang bersumber pada aspek spiritual yaitu iman dan taqwa. Kemudian dilingkari dengan enam butir karakter yang disingkat sejati (Sabar, Empati, Jujur, Adil, Tanggungjawab dan Ikhlas).

Training karakter andalasian merupakan pembekalan awal bagi setiap mahasiswa baru pada saat bergabung di perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut. Melalui training karakter andalasian diharapkan mahasiswa mampu mengenal diri, lingkungan dan mengenal bangsanya.

"Sehingga sadar dari mana kita berasal, untuk apa kita di sini dan kemana akhir tujuan hidup kita," ujar dia.

Adapun mahasiswa baru yang akan mengikuti training tersebut ialah mahasiswa yang lulus melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Rektor mengatakan di perguruan tinggi tersebut terdapat spesifik karakter. Misalnya, bagaimana menyampaikan gagasan dan ide serta hal lainnya. Dengan kegiatan itu, Unand berupaya memberikan pemahaman serta pengetahuan kepada mahasiswa baru melalui mentor yang sudah disiapkan Unand.

Terakhir, Prof Yuliandri mengajak setiap mahasiswa baru untuk menyiapkan diri menjadi warga Unand, berproses menjadi anak bangsa, lulusan yang kompeten, profesional dan berkarakter tangguh.