Sungai Nyalo di Pesisir Selatan Sumbar lokasi premium menikmati sunset di Indonesia

id Sungai Nyalo, sunset premium, pesisir selatan

Sungai Nyalo di Pesisir Selatan Sumbar lokasi premium menikmati sunset di Indonesia

Andrinof Chaniago saat ditemui di Padang, Selasa (18/7/2023). (ANTARA/Iggoy el Fitra/23)

Padang (ANTARA) - Tokoh nasional asal Sumatera Barat, Andrinof Chaniago mengatakan pantai di Nagari (desa) Sungai Nyalo, Kabupaten Pesisir Selatan, merupakan lokasi premium menikmati sunset di Indonesia.

"Pantai Sungai Nyalo mungkin salah satu dari sedikit lokasi yang premium di Indonesia dari segi viewnya. Kalau kita dapat cuaca bagus, sunset di situ, wah itu luar biasa," kata Andrinof di Padang, Selasa.

Mantan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia itu menilai karena Sungai Nyalo memiliki amphiteater untuk menggelar pertunjukan bisa dimanfaatkan guna mendukung view yang premium itu.

"Saya kebetulan pernah ujicoba bawa rombongan dari alumni UI kerja sama dengan ISI Padang Panjang menyaksikan pertunjukan. Itu suasana sunset di sana luar biasa, dibandingkan Uluwatu atau di mana, yang lain ngak ada apa-apanya," jelas Andrinof.

Namun menurutnya, fasilitas di sana yang termasuk dalam kawasan wisata terpadu bahari (KWBT) Mandeh itu kurang dimanfaatkan.

Karena itu, kata dia, Sungai Nyalo dan KWBT Mandeh harus dipromosikan terus.

Menurutnya semua pihak terkait harus memanfaatkan fasilitas yang kurang termanfaatkan di Sungai Nyalo seperti amphiteater tersebut.

"Sayang kalau tidak dimanfaatkan untuk kegiatan pertunjukan, tari, randai, dan lain-lain," katanya.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Sungai Nyalo Mudia Aia, Reyes mengatakan, pihaknya mulai kini akan mencoba menggiatkan kembali dan memanfaatkan fasilitas yang ada di Sungai Nyalo.

Salah satunya adalah menggelar kegiatan Bike Camp pada 29-30 Juli 2023 mendatang di Pantai Paku Sungai Nyalo dan menggelar kegiatan seni-budaya di amphiteater.

Reyes menjelaskan, Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia adalah salah satu desa yang paling menonjol di KWBT Mandeh karena sumber daya alamnya yang indah.

"Selain pantai dan amphiteater, di sini kami punya destinasi wisata unggulan seperti Puncak Paku, Pantai Kapo-kapo, Puncak Batu Garudo dan Pulau Cubadak," kata Reyes.

Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia yang berada di Kecamatan Koto Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dapat ditempuh melalui jalur darat dengan jarak sekitar 50 kilometer dari kota Padang. [*]