Gubernur Sumbar minta PPLP tambah kuota penerimaan atlet muda

id PPLP Sumbar, Mahyeldi

Gubernur Sumbar minta PPLP tambah kuota penerimaan atlet muda

Gubernur Sumbar, Mahyeldi. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi meminta agar Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sumbar bisa menambah kuota penerimaan bibit-bibit muda dari seluruh kabupaten/kota untuk dibina menjadi atlet berprestasi.

"Proses pembinaan di PPLP Sumbar menunjukkan hasil yang bagus dengan terpanggilnya tiga atlet binaan untuk mengikuti seleksi Tim Nasional U17. Kita minta nanti jumlah atlet binaan ditambah," katanya di Padang, Minggu.

Ia mengatakan, sejarahnya cukup banyak pemain asal Sumbar yang bermain di klub-klub yang berkompetisi pada level tertinggi. Bahkan sebagian ada bermain di tim nasional.

Menurutnya itu menjadi bukti bahwa sebenarnya banyak talenta muda dari Sumbar yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Potensi itu harus dimaksimalkan dengan mendorong lebih besar peran lembaga pendidikan olahraga seperti PPLP.

Apalagi, katanya, Sumbar juga memiliki cukup banyak pelatih yang berkualitas. Kolaborasi lembaga pendidikan yang baik dan pelatih yang berkualitas diharapkan menghasilkan atlet yang juga berkualitas dan bisa mengharumkan nama daerah.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Meifrizon menginformasikan tiga orang pemain muda dari PPLP Sumbar terpanggil untuk mengikuti seleksi Tim Nasional U17 pada 9 Juli hingga 28 Agustus 2023 di Jakarta.

Tiga orang pemain muda yang diundang itu masing-masing Gala Pagamo, Ikram AlGiffari dan Muhammad Nabil Asyura.

Ia mengatakan dua dari tiga pemain yang diundang itu yaitu Ikram AlGiffari dan M. Nabil Asyura sebelumnya sudah pernah masuk dalam Tim Nasional Indonesia U16 dan berhasil menjuarai Piala AFF U16 pada 2022 di bawah asuhan pelatih Bima Sakti.

Sementara Gala Pagamo juga berhasil mencuri perhatian tim kepelatihan di Tim Nasional U17. Ia sempat mengikuti "trial" di Jakarta beberapa waktu lalu bersama sejumlah legenda sepak bola dunia.