Jebolan Timnas U16 perkuat PPLP Sumbar di Kejurnas

id Kejurnas PPLP, PPLP Sumbar, Mahyeldi,padang

Jebolan Timnas U16 perkuat PPLP Sumbar di Kejurnas

Gubernur Sumbar, Mahyeldi melepas tim PPLP ke Kejurnas di Pekanbaru. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Dua pemain jebolan Tim Nasional Indonesia U16 yang berhasil menjadi juara Piala AFF pada 2022 memperkuat tim sepak bola Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumatera Barat dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Pekanbaru, Riau.

"Skuad PPLP Sumbar yang akan berlaga di Kejurnas adalah yang terbaik. Tim juga diperkuat alumni Timnas U16 tahun 2022 karena itu kita berharap bisa meraih prestasi dalam ajang nasional ini," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat melepas tim PPLP di Padang, Senin.

Dua punggawa Timnas U16 tahun 2022 itu masing-masing M Nabil Asyura yang berposisi sebagai striker dan Ikram AlGiffari yang berposisi sebagai kiper.

Mahyeldi mengatakan dalam sebuah tim sepak bola, kemampuan individu adalah sebuah keuntungan namun tidak boleh meninggalkan kekompakan tim.

"PPLP harus bisa menjadi super team, tidak sekadar mengandalkan superman," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Meifrizon mengatakan, tim PPLP Sumbar segera berangkat melalui jalur darat ke Pekanbaru setelah dilepas oleh gubernur.

"Besok mereka sudah mulai main karena itu perlu istirahat yang cukup sesampainya di Pekanbaru," katanya.

Ia mengatakan dalam Kejurnas PPLP 2023 akan ada 12 tim yang akan mengadu strategi dan kemampuan untuk menjadi yang terbaik di Indonesia.

"Sebenarnya jumlah PPLP di Indonesia lebih banyak dari itu, tapi karena sebagian tidak mengirimkan tim dalam Kejurnas 2023," ujar Meifrizon.

Pelatih Kepala Diklat PPLP Sumatera Barat Dedi Umar mengatakan, selain Nabil dan Ikram ada satu pemain PPLP Sumbar lagi yang masuk radar PSSI yaitu Gala Pagamo yang berposisi sebagai gelandang.

Ia menyebut persiapan tim sudah maksimal dan diharapkan bisa meraih prestasi terbaik dalam Kejurnas PPLP 2023.