Gubernur Mahyeldi : Sumbar serius kembangkan sepakbola

id Sepak bola, PPLP, Mahyeldi,Gubernur Sumbar,Sumbar serius kembangkan sepakbola

Gubernur Mahyeldi : Sumbar serius kembangkan sepakbola

Gubernur Sumbar, Mahyeldi membuka Kejurprov U23 di Batusangkar, Rabu (19/7). (ANTARA/Miko Elfisha)

Batusangkar (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pihaknya serius untuk mengembangkan olahraga sepakbola di daerah itu untuk prestasi maupun sekadar demi kebugaran tubuh.

"Untuk prestasi, kita punya Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) yang mendidik bibit-bibit sepakbola sejak dini. Tahun ini ada tiga atlet sepakbola PPLP yang terpanggil seleksi Tim Nasional U17 untuk Piala Dunia," katanya di Batusangkar, Rabu.

Ia mengatakan hal itu saat membuka Kejuaraan Provinsi Sepak Bola U23 di Lapangan Puncak Alai, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar.

Ia menyebut pihaknya telah meminta Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar untuk menambah kuota penerimaan di PPLP agar makin banyak atlet sepakbola muda daerah itu yang bisa berprestasi.

Untuk mengembangkan bibit atlet itu, ia juga mendorong agar daerah mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB), kalau bisa pada setiap kecamatan.

"Mendidik atlet ini memang harus dari usia dini. Dari SD. Karena itu SSB memiliki peran besar untuk memberikan pendidikan dasar," katanya.

Ia juga mengajak anggota DPRD baik provinsi maupun kabupaten dan kota, untuk lebih peduli pada olahraga sepak bola.

"Kalaupun nanti tujuannya bukan untuk prestasi, tapi kebugaran. Olahraga ini bisa mengarahkan generasi muda untuk kegiatan yang positif. Jauh dari perilaku menyimpang," katanya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar, Meifrizon mengatakan, Kejurprov tersebut diikuti oleh delapan klub dari lima kabupaten dan kota di Sumbar selama enam hari hingga 24 Juli 2023.

Lima daerah itu masing-masing Kabupaten Tanah Datar sebagai tuan rumah, Pasaman Barat, Limapuluh Kota, Solok dan Kota Padang.

Sementara itu anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumbar, Jefri Masrul mengatakan, pihaknya mendukung penuh kegiatan positif tersebut.

Menurutnya generasi muda harus diberikan ruang untuk mengekspresikan diri salah satunya melalui olahraga agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif. *