Tiga pemain PPLP Sumbar dipanggil seleksi Timnas U-17

id PPLP Sumbar, Timnas U17

Tiga pemain PPLP Sumbar dipanggil seleksi Timnas U-17

Gubernur Sumbar, Mahyeldi berfoto bersama Tim PPLP Sumbar. Tiga orang pemain PPLP Sumbar terpanggil seleksi Tim Nasional U17 tahun 2023. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Tiga pesepak bola muda dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sumatera Barat dipanggil untuk mengikuti seleksi Tim Nasional U-17 pada 9 Juli hingga 28 Agustus di Jakarta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Meifrizon di Padang, Jumat, menginformasikan tiga pemain muda yang diundang itu adalah Gala Pagamo, Ikram AlGiffari, dan Muhammad Nabil Asyura.

"Ini adalah sebuah kebanggaan bagi kita di Sumatera Barat karena bakat-bakat muda kita ternyata bisa bersaing untuk masuk dalam Tim Nasional U-17," katanya.

Meifrizon mengatakan dua dari tiga pemain yang diundang, yaitu Ikram AlGiffari dan M Nabil Asyura sebelumnya sudah pernah masuk dalam Tim Nasional Indonesia U-16 dan berhasil menjuarai Piala AFF U-16 pada 2022 di bawah asuhan coach Bima Sakti.

Dalam kesempatan itu, Nabil yang berposisi sebagai penyerang berhasil menunjukkan kualitasnya dengan mencetak empat gol selama turnamen.

Ia berhasil menjadi top skorer bersama lima pemain lain, yaitu Tontawan Puntamunee dari Thailand, Alexandro Lemos dari Timor Leste, Phan Thanh Duc Thien dari Vietnam serta duo Laos Sayfon Keohanam dan Thanousack Nanthavongdouansy.

Sedangkan Ikram AlGiffari yang berposisi sebagai kiper belum mendapatkan kesempatan bermain dalam Piala AFF U-16 pada 2022. Meski demikian, dengan dipanggil kembali untuk mengikuti seleksi Tim Nasional U-17 menunjukkan kualitasnya masih diperhitungkan secara nasional.

Sementara itu, Gala Pagamo juga berhasil mencuri perhatian tim kepelatihan Tim Nasional U-17. Ia sempat mengikuti uji coba di Jakarta beberapa waktu lalu bersama sejumlah legenda sepak bola dunia.

"Kita berharap tiga pemain muda asal Sumbar ini bisa lolos seleksi dan ikut mengharumkan nama bangsa dan daerah pada berbagai ajang," katanya.

Pelatih PPLP Sumbar Dedi Umar berharap tiga pemain yang dipanggil mengikuti seleksi Tim Nasional U-17 itu semakin matang dengan banyak pengalaman yang dilewati.

Terakhir PPLP Sumbar berlaga dalam Kejuaraan Nasional PPLP se-Indonesia di Pekanbaru, Riau. PPLP Sumbar berhasil masuk semifinal sebelum ditundukkan tuan rumah lewat adu penalti.

Jika berhasil lolos seleksi, Nabil dan kawan-kawan akan memperkuat Tim Nasional U-17 untuk Piala Dunia U-17 pada 10 November - 2 Desember di Indonesia.