Hasto: Sosok pendamping Ganjar harus dapat dukungan terbesar dari rakyat

id PDI Perjuangan, Pemilu Presiden, 2024

Hasto: Sosok pendamping Ganjar harus dapat dukungan terbesar dari rakyat

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristianto menyatakan sosok pendamping Capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo sebagai calon wakil presiden harus mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia.

"Tentunya kami melihat mencari aspek-aspek elektoral sehingga satu perpaduan di kepemimpinan pak Ganjar dengan wakil yang akan mendampingi nanti dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia sehingga dapat memenangkan pemilu," kata dia seusai Rakerda PDI Perjuangan Sumbar di Padang, Selasa.

Ia mengatakan sosok calon presiden yang mendampingi Ganjar Pranowo tentunya harus menjadi pelengkap dari aspek kepemimpinan yang dimiliki Ganjar Pranwo.

Ia menilai PDI Perjuangan meneladani sosok kepimpinan seperti Bung Karno dan Hatta.

"Pak Ganjar ini punya pengalaman dua periode jadi legislatif, dua periode sebagai gubernur. Dan tentu pengalaman pemerintahan sangat luas," bebernya.

"Kita juga memahami kepimpinan Indonesia di dunia internasional. Perang Rusia Ukraina, ketegangan laut Tiongkok Selatan memerlukan suatu tanggung jawab presiden bagi masa depan, tetapi juga sosok wakil," katanya

Sosok wakil itu tentunya yang punya kemampuan profesional dan PDI Perjuang mencari yang terbaik dan saling melengkapi kepimpinan untuk rakyat.

"Kemampuan teknik, taktik dan mampu menyebarkan apa yang menjadi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan yaitu fakir miskin dan anak telantar dipelihara negara," kata dia.

Ia menegaskan pengumuman cawapres ini merupakan kewenangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan rencana diumumkan pada September 2023.

Menurut Hasto ada 10 nama bakal calon presiden yang mendampingi Ganjar Pranowo. Nama-nama tersebut berada di tangan Ketua Umum mulai dari Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD, AHY, Muhaimin Iskandar, Basuki Tjahaya Purnama dan lainnya yang muncul di hadapan publik.

"Sampai sekarang nama-nama di tempat Ibu Megawati Soekarnoputri ada 10 nama bakal calon presiden mendampingi pak Ganjar Pranowo," katanya.