Penduduk Solok Selatan tercover BPJS Kesehatan sudah 171 ribu

id BPJS Kesehatan,Bupati Solok Selatan Khairunas,Berita solsel,Berita sumbar

Penduduk Solok Selatan tercover BPJS Kesehatan sudah 171 ribu

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Wakil Bupati Yulian Efi menyerahkan piagam penghargaan kepada Wali Nagari yang telah mencapai 95 kepesertaan masyarakatnya pada BPJS Kesehatan. Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Khairunas mengatakan sebanyak 171 ribu dari 182 ribu penduduk Kabupaten itu atau 93,91 persen sudah menjadi anggota BPJS Kesehatan.

"Sudah menjadi tugas pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya dan apabila telah mencapai angka tertentu, Solok Selatan akan menjadi daerah dengan universal health care (UHC) alias seluruh masyarakat tanpa terkecuali akan mendapatkan akses kesehatan yang adil," katanya saat peluncuran program PESIAR, di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan, UHC bukanlah tujuan akhir, tapi yang lebih utama daripada itu bagaimana pemerintah betul-betul hadir dalam rangka menjamin kesehatan masyarakatnya.

Ia berharap, BPJS Kesehatan meningkatkan pelayanan dan sosialisasinya kepada masyarakat.

Hal ini katanya, agar masyarakat menikmati layanan yang ada dan juga mengajak semua pihak yang terlibat untuk mendukung program ini.

Seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan ia minta untuk terus aktif mengejar target program ini.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Neri Eka Putri mengapresiasi akan gigihnya Pemerintah Kabupaten Solok Selatan agar tercapainya UHC (Universal Health Coverage).

Dia menerangkan bahwa UHC merupakan cakupan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan minimal 95 persen dari jumlah penduduk.

"Saat ini kepesertaan masyarakat Solok Selatan sudah mencapai 93,9 butuh 1,1 persen lagi mencapai 95," ujarnya.

Dia mengatakan, diperkirakan 2.000 jiwa lagi maka Solok Selatan akan tercapai UHC dan ini butuh dukungan dari semua pihak termasuk pemerintahan nagari.

Dari 39 Nagari di Solok Selatan, sebanyak 18 Nagari sudah UHC dimana 95 persen penduduknya sudah tercover dalam program BPJS Kesehatan.

Adapun program PESIAR ini juga merupakan bentuk sinergisitas antara Pemkab Solok Selatan dengan BPJS Kesehatan.

PESIAR alias Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara menyandingkan data kependudukan dengan data kepesertaan JKN.

Kegiatan penyisiran data melibatkan peran Camat, Wali Nagari dan Jorong, sehingga diperoleh bank data status dan potensi penduduk yang dapat didaftarkan ke segmentasi yang sesuai dengan kriteria.

Dalam launching program PESIAR ini, Nagari Alam Pauh Duo dijadikan sebagai Pilot Project BPJS Kesehatan.

Dengan adanya Nagari sebagai pilot project diharapkan dapat dicapai peningkatan signifikan dalam jumlah peserta JKN di nagari tersebut, dan menjadi contoh bagi nagari lain di Solok Selatan.