Legislator ajak masyarakat jaga persatuan dengan tangkal berita hoaks

id Sumbar,DPR RI,padang

Legislator ajak masyarakat jaga persatuan dengan tangkal berita hoaks

Anggota DPR RI Dapil Sumbar Hermanto (ANTARA/ HO Doumen Pribadi)

Padang (ANTARA) - Legislator anggota DPR RI Hermanto mengajak masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), agar menjaga persatuan bangsa dengan cara menangkal penyebaran berita bohong atau hoaks.

"Informasi yang tidak benar, ujaran kebencian, saling ejek, saling hujat marak dipertontonkan di media elektronik dan media sosial, ini tentu sudah tidak benar,” kata Hermanto saat sosialisasi empat pilar MPR di Padang, Rabu.

Menurut dia, perilaku itu jauh dari nilai-nilai kemanusiaan dan adab.

"Perilaku penyebaran hoaks, ujaran kebencian, saling hujat, dan lainnya, mengancam keutuhan persatuan Indonesia," kata anggota DPR RI dari Fraksi PKS itu.

Ia mengajak semua anak bangsa agar menahan diri dari membuat pernyataan yang tidak beradab dan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan.

"Kalau kita merasa benar, maka sampaikan dengan cara yang baik," ujarnya.

"Intinya hati-hati, berfikir terlebih dahulu sebelum berbicara," kata anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar I itu.

Ia mengatakan persatuan Indonesia sebagaimana tercantum dalam sila ketiga Pancasila akan terjaga bila segenap anak bangsa bisa menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Menurut dia, sila ketiga Pancasila akan terjaga bila sila kedua Pancasila diimplementasikan.

"Persatuan itu ada bila ada kemanusiaan, ada keadilan dan ada adab," kata Hermanto.

Apalagi, kata dia, jelang pelaksanaan pemilu serta perkembangan teknologi yang membuat ruang sosial begitu luas sehingga rentan terjadi penyebaran berit hoaks, ujaran kebencian dan aksi lain yang dapat merusak keutuhan bangsa.

“Persatuan ini yang harus kita jaga bersama, sehingga tetap utuh sebagai bangsa yang besar,” kata Hermanto.