Atraksi F16 dan marching band meriahkan pembukaan Latsitardanus XLIII

id Latsitardanus

Atraksi F16 dan marching band meriahkan pembukaan Latsitardanus XLIII

Tiga pesawat F16 meriahkan pembukaan Latsitardanus XLIII. (ANTARA/Dok pribadi)

Padang (ANTARA) - Atraksi Pesawat Tempur F16 dan Marching Band Lokananta gabungan Taruna Akademi Militer, AL, AU, dan Praja IPDN memeriahkan pembukaan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara XLIII di Sumatera Barat, Jumat.

Warga yang memadati ruas Jalan Sudirman, Jumat, dikejutkan dengan pengumuman "master of caremony" (MC) yang menyebutkan tiga unit Pesawat F16 TNI AU akan terbang rendah di atas istana gubernuran tempat pembukaan dilangsungkan.

Tiga pesawat tempur itu beberapa kali bolak balik disambut sorakan warga yang menonton terutama anak-anak.

Meski memiliki Lapangan Udara (Lanud) TNI AU di Tabing, atraksi Pesawat Tempur F16 termasuk jarang di Sumbar.

Selesai atraksi pesawat tempur, warga dihibur dengan penampilan atraktif Marching Band Lokananta gabungan Taruna Akademi Militer, AL, AU, dan Praja IPDN yang melakukan kirap dari Istana Gubernuran Sumbar hingga ke GOR H Agus Salim Padang sejauh 4,2 kilometer.

Sebelumnya Kepala Penerangan Akademi TNI Letkol Chb A. Samsudin menyebutkan selain atraksi tersebut juga dilakukan kegiatan "openship" atau dibukanya akses bagi masyarakat untuk menaiki kapal TNI yang sandar di Teluk Bayur, Padang.

Masyarakat bisa naik ke KRI Banda Aceh dan KRI Surabaya untuk melihat dari dekat alutsista pengangkut milik TNI itu.

Latsitardanus XLIII dibuka Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. Dalam kesempatan itu dua jendral tersebut mengingatkan pentingnya membangun sinergi dan soliditas dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Latsitardanus merupakan kegiatan integrasi yang dilaksanakan setahun sekali pada akhir pendidikan oleh Taruna Tingkat IV Akademi Militer (Akmil), Akademi Angkatan Udara (AAU), Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Akademi Kepolisian sebelum mereka dilantik menjadi seorang perwira TNI dan Polri. Kegiatan itu diintegrasikan dengan IPDN dan mahasiswa UNP.

Latsitadarnus akan berlangsung dari tanggal 19 Mei hingga tanggal 8 Juni 2023 di Sumbar.

Penempatan pelaksanaan kegiatan terdiri atas Kompi BS/Kijang di Kota Padang. Yontarlat II/HIU di Kota Pariaman, tersebar di empat kecamatan dan 55 nagari atau Desa.

Kemudian, Yontarlat III/Elang di Kabupaten Pasaman tersebar di 12 kecamatan dan 62 nagari. Untuk Yontarlat IV/Kijang di Kota Solok dengan 2 kecamatan dam 13 nagari. Untuk Yontarlat 1/Macan di Pesisir Selatan dengan 15 kecamatan dan 182 nagari.