Duta besar dukung pengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing mendunia

id Pengajar bahasa Indonesia, duta besar

Duta besar dukung pengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing mendunia

Penyerahan buku "Cultural Heritage of Indonesia in Germany atau Kulturerbe Indonesiens in Deutschland" dari Dubes Arif Havas Oegroseno (kanan) kepada Ketua Panitia Semiloka Yanti Mirdayanti (tengah), mewakili APPBIPA Jerman. (ANTARA/ HO-Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno mendukung pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) jadi mendunia.

"Sesuai dengan tema seminar dan lokakarya yang diangkat, yaitu 'Membangun Sinergi untuk Internasionalisasi BIPA', saya berharap akan semakin banyak warga Jerman yang tertarik dengan Indonesia, bukan saja dari aspek bahasa, budaya, atau pariwisata saja, melainkan juga dari segi kemajuan besar yang telah dicapai Indonesia saat ini," kata Arif Havas Oegroseno dalam keterangan, Jakarta, Ahad.

Hal itu dikatakannya dalam seminar dan lokakarya di Museum Papua, Gelnhausen, negara bagian Hessen di Jerman, yang diadakan oleh Asosiasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) di Jerman.

Arif Havas Oegroseno mengapresiasi kegiatan para pengajar dan pegiat BIPA di Jerman dan memotivasi agar selalu optimal dalam memberikan pembelajaran tentang bahasa dan keragaman budaya Indonesia kepada warga asing di Jerman maupun Eropa.

"Ketertarikan warga Jerman dan Eropa ke Indonesia dari aspek bahasa, budaya, dan aspek lainnya melalui pembelajaran BIPA dan kegiatan tahunan seminar dan lokakarya seperti ini perlu didukung penuh," kata Arif.

Materi yang disampaikan dalam seminar dan lokakarya tersebut beragam, mulai dari politik diplomasi BIPA, tantangan dan peluang mengajar BIPA pasca pandemi, internasionalisasi budaya dan tradisi nusantara, pengajaran BIPA untuk anak-anak dan remaja, serta tema lainnya dalam rangka mendukung upaya internasionalisasi Bahasa Indonesia.

Para pembicara dalam acara tersebut antara lain Profesor E. Aminudin Azis dari Kepala Badan Bahasa, Profesor Arndt Graf dari Universität Goethe Frankfurt, Prof. Suyoto Atim dari APPBIPA Jepang, Dr. Ikhsanudin dari Universitas Tanjungpura, juga Ketua APPBIPA Pusat Dr. Liliana Muliastuti.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dubes dukung pengajar Bahasa Indonesia bagi penutur asing mendunia