Hutama Karya berangkatkan 900 pemudik ke 12 kota

id Hutama Karya, mudik gratis bumn, tjsl

Hutama Karya berangkatkan 900 pemudik ke 12 kota

Pelepasan peserta mudik bersama PT Hutama Karya (Persero) dalam program Mudik Gratis BUMN 2023 untuk menyambut Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 H. (ANTARA/HO PT Hutama Karya (Persero))

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) memberangkatkan sebanyak 900 pemudik ke 12 kota di Jawa-Sumatra lewat program Mudik Gratis BUMN 2023 untuk menyambut Lebaran 2023 atau Idul Fitri 1444 Hijriah setelah vakum selama tiga tahun terakhir.

Sebanyak 900 pemudik yang terdiri atas pegawai HK Group beserta keluarga diantarkan ke sembilan wilayah tujuan di Jawa yakni Garut, Cirebon, Brebes, Tegal, Semarang, Kendal, Kediri, Surabaya, dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta tiga wilayah tujuan Sumatera yakni Lampung, Palembang, dan Pekanbaru.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan sebanyak 900 pemudik gratis tersebut dilepas langsung oleh Direktur Human Capital & Legal Hutama Karya Muhammad Fauzan dan diberangkatkan menggunakan 26 armada yang terdiri dari bus dan elf dari HK Tower, Jakarta, Selasa.

“Satu bus kami berangkatkan bersama dengan BUMN lainnya yang secara seremonial dilepas langsung oleh Menteri BUMN Erick Thohir serta pimpinan BUMN lainnya, pagi ini dari Gelora Bung Karno (GBK),” katanya.

Baca juga: Hutama Karya kebut pemeliharaan jalan sekitar proyek IPAL Pekanbaru

Tjahjo menjelaskan program Mudik Gratis BUMN 2023 merupakan program untuk memfasilitasi para pemudik di lingkungan Hutama Karya Group, dan juga sebagai implementasi dari Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) HK Peduli Sosial.

“Kami menyiapkan moda transportasi berupa bus pariwisata full AC yang aman dan nyaman, juga perlengkapan penunjang sehingga mempermudah pemudik untuk dapat segera berkumpul dengan keluarga di Hari Raya. Tahun ini rute mudik ke Sumatera juga dibuka, selain untuk memfasilitasi pemudik Hutama Karya yang berasal dari Sumatera namun juga untuk mengajak pemudik melintasi Jalan Tol Trans Sumatera yang dikelola dan dibangun oleh Hutama Karya,” imbuh Tjahjo.

Selama bulan suci Ramadhan 1444 H, Hutama Karya juga telah menyelenggarakan serangkaian program Ramadhan melalui penyediaan 4.000 paket sembako yang disalurkan ke beberapa lokasi secara langsung oleh Kepala Unit TJSL Hutama Karya Agus Kosasih.

Penyaluran bantuan diberikan di antaranya kepada Yayasan As Salam Joglo, Jakarta Barat, pengurus Pondok dan Pesantren di Kabupaten Purwakarta dan Kota Bandung pada Sabtu (15/4) untuk memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadhan menjelang Idul Fitri.

Baca juga: Hutama Karya dirikan rest area sementara di tol Pekanbaru-Bangkinang

Selain program mudik gratis, Hutama Karya juga telah mengadakan pasar paket sembako murah dan bazar UMKM untuk masyarakat Kabupaten Paser, Kalimantan Timur,pada Kamis (6/4) lalu.

“Semoga seluruh rangkaian kegiatan TJSL Hutama Karya selama Bulan Ramadhan ini dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi perusahaan dan masyarakat sehingga bisa terus berlanjut di kemudian hari,” kata Tjahjo.*