Dishub Pasaman Barat minta pemudik waspadai jalur Simpang Empat-Talu

id Waspadai jalur mudik Simpang Empat-Talu banyak jalan terban

Dishub Pasaman Barat minta pemudik waspadai jalur Simpang Empat-Talu

Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat memasang tali sebagai garis pengaman terhadap jalan yang terban agar pengendara hati-hati. ANTARA

Simpang Empat, - (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meminta pemudik yang akan melewati jalur Simpang Empat-Talu Kecamatan Talamau agar hati-hati melewati jalan itu karena badan jalan banyak yang terban dan berlubang.

"Jalan yang rusak jalur Simpang Empat-Talamau cukup banyak. Jalan ini merupakan jalan provinsi yang menghubungkan dua kabupaten serta salah satu akses menuju Medan Sumatera Utara," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Pasaman Barat Ade Putra di Simpang Empat, Sabtu.

Untuk mengantisipasi kecelakaan di jalur itu maka pihaknya telah melakukan inspeksi keselamatan di sepanjang jalur Simpang Empat-Talu dengan memasang garis pengaman di lokasi jalan yang mengalami terban.

"Setidaknya pengendara nanti dapat melihat tanda bahwa ada jalan yang terban atau rusak sehingga dapat meningkatkan kehati-hatian," katanya.

Menurutnya, jalur Simpang Empat-Talu merupakan salah satu jalur yang padat dilalui kendaraan setiap Idul Fitri.

Akses jalan itu menghubungkan Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman serta jalur alternatif menuju Kota Medan, Sumatera Utara.

"Diharapkan nanti pemudik dapat hati-hati melalui jalur itu karena jalan banyak yang rusak berlubang dan terban," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan mudik mulai dari kondisi ban, lampu, sein, kepakaman rem, racun api hingga kotak P3K serta kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Kalau ada yang tidak lengkap maka tidak diizinkan untuk beroperasi. Harus dilengkapi terlebih dahulu," tegasnya.

Salah seorang pengendara Nal (42), merasa heran jalan provinsi Simpang Empat-Talu tidak diperbaiki menjelang Lebaran.


"Seharusnya jalan ini dapat diperbaiki karena jalan ini merupakan jalan yang padat dilalui kendaraan," katanya.