Pemkab Dharmasraya imbau masyarakat giatkan pos kamling selama Ramadhan

id Pemkab Dharmasraya,berita dharmasraya,berita sumbar,Sekda, Adlisman

Pemkab Dharmasraya imbau masyarakat giatkan pos kamling selama Ramadhan

Sekda Dharmasraya Adlisman. (Antara/HO Kominfo Dharmasraya).

Pulau Punjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menghimbau masyarakat untuk mengaktifkan pos kamling selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah.

"Ini adalah upaya antisipasi terjadinya tindakan kriminal seperti pencurian selama Bulan Suci Ramadhan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Dharmasraya Adilisman, di Pulau Punjung, Jumat.

Untuk itu, ia meminta pemerintah kecamatan untuk menginstruksikan pemerintah nagari agar mengajak masyarakat aktif melakukan kegiatan pos kamling selama Ramadan.

Selain itu, kata dia selama bulan Suci Ramadan juga diimbau kepada kaum ibu rumah tangga untuk memeriksa kembali apakah kompor dan listrik sudah dipadamkan sebelum meninggalkan rumah.

"Kepada ibu agar berhati-hati sebelum meninggalkan dapur, pastikan kompor sudah dimatikan, ini mengantisipasi terjadinya kebakaran," katanya.

Pemkab Dharmasraya mengimbau kepada pedagang pabukoan untuk menjaga kehigienisan makanan yang di jual kepada masyarakat, kata dia.

"Jangan sampai pedagang minuman ataupun makan memasukkan bahan kimia atau zat berbahaya lainnya ke dalam makanan yang akan dijual," katanya.

Ia mengajak semua umat muslim menjadikan momentum Bulan Ramadhan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Ibadah puasa merupakan media untuk mendekat diri kepada Allah. Segala kegiatan yang kita lakukan hendaknya bermuara kepada Allah.

Ia menambahkan ibadah puasa merupakan kewajiban umat Islam sekaligus kesempatan untuk berbenah diri guna meraih takwa kepada Allah. Bulan puasa merupakan bulan kebaikan untuk melatih dan membiasakan diri memiliki sifat-sifat mulia dalam agama Islam.