Hasil pemantauan ke pasar,harga bahan pokok masih stabil jelang ramadhan

id payakumbuh,harga sembako,pj wali kota

Hasil pemantauan ke pasar,harga bahan pokok masih stabil jelang ramadhan

Pj Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda bersama Kapolres AKBP Wahyuni Sri Lestari saat memantau harga bahan pokok di pasar tradisional Ibuh, Senin (20/3). (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh  (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Rida Ananda memastikan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok masih stabil jelang bulan suci ramadhan 1444 hijriah.

"Hari ini kami bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) melakukan pemantauan langsung harga bahan pokok di pasar tradisional Ibuh. Alhamdulillah harga masih stabil," katanya di Payakumbuh, senin.

Ia mengatakan kenaikan hanya terjadi di beberapa komoditas telur dan ayam karena ada kenaikan pada pakan.

Saat ini, harga daging sapi Rp140 ribu per kilogram, daging ayam di pasar Payakumbuh sekitar Rp46 ribu per kilogram, telur ayam Rp28 ribu per kilogram, cabai Rp40 ribu untuk satu kilogram, dan bawang merah Rp30 ribu untuk satu kilogram.

"Sementara untuk cabai, bawang, dan beras masih stabil. Memang ada harga yang naik dan turun, namun tidak signifikan dan masih terbilang aman," ujarnya.

Selain itu, katanya untuk stok bahan pokok di Payakumbuh masih aman dan mencukupi hingga Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Jadi kami harap masyarakat tidak takut dan menyetok dalam jumlah banyak sehingga nantinya stok kurang yang tentunya akan menyebabkan harga naik," katanya

Ia mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh setiap harinya melalui Dinas Koperasi dan UKM terus melakukan pemantauan harga bahan pokok.

"Kita dari Pemkot Payakumbuh akan terus melakukan pemantauan, kalau memang ada kenaikan ataupun stok yang kurang kita bisa langsung mencarikan solusinya," ujarnya.

Sementara Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari mengatakan dari keterangan sejumlah pedagang stok masih aman sehingga masyarakat tidak perlu panik dalam membeli.

"Belanja sesuai kebutuhan, jangan panik buying. InsyaAllah stok kita di Payakumbuh jelang Ramadhan ini aman dan kita bersama Pemkot akan terus melakukan pemantauan," kata Kapolres didampingi Wakapolres Payakumbuh Kompol Russirwan.