Anggota PPS Bukittinggi dilantik, ini pesan ketua KPU

id Kpu bukittinggi,Anggota pps bukittinggi,Pemilu 2024

Anggota PPS Bukittinggi dilantik, ini pesan ketua KPU

Pelantikan 72 Anggota PPS se-Bukittinggi yang diharapkan mampu mewujudkan Pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas. (Antara/ Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, melantik 72 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk sukseskan Pemilu serentak 2024 di daerah setempat.

Pelantikan puluhan anggota PPS yang akan menjadi pelaksana Pemilu di Bukittinggi itu dilaksanakan di Hotel Grand Royal Denai, Selasa, bersama Forkopimda.

Ketua KPU Bukittinggi, Heldo Aura, menyebutkan anggota PPS terpilih setelah dilakukan tahap penyaringan dan ujian itu bertugas di 24 kelurahan, untuk jumlah PPS ditugaskan tiga orang per kelurahan.

"Pelantikan anggota PPS hari ini menjadi demikian penting dan strategis, terutama dalam penyiapan seluruh personel yang akan terlibat dalam penyelenggaraan agenda Pemilihan Umum Serentak Tahun 2024," ujarnya.

Ia mengatakan awal tahapan Pemilu serentak 2024 telah diluncurkan pada 14 Juni 2022.

"Momen itu menandakan telah ditabuhnya genderang persiapan penyelenggaraan Pemilu 2024 yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten dan Kota," katannya.

Ia menyebut penyelenggaraan Pemilu serentak 2024 telah ditetapkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Menurutnya, Pemilu 2024 bukan sekedar pesta demokrasi, namun merupakan kerja-kerja demokrasi yang memfasilitasi kontestasi politik secara legal dan berlandaskan hukum.

"Penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 berbeda dengan Pemilu sebelumnya, karena di tahun yang sama juga akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tanggal 27 November 2024," katanya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi menyampaikan partisipasi masyarakat merupakan salah satu kunci suksesnya pelaksanaan pemilu.

"Ini tentu jadi tugas bersama, untuk lebih meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2024 mendatang," katanya.

Ia mengatakan Pemilu bisa berjalan demokratis jika semua petugas dan elemen yang terlibat di dalamnya melaksanakan tugas, wewenang dan kewajibannya dengan baik, serta berkoordinasi dan bekerjasama secara harmonis.

"Kami mengharapkan, PPS se-Bukittinggi mampu menjalin sinergitas yang saling mendukung dengan seluruh pemangku kepentingan di tingkat kelurahan demi mewujudkan pemilu 2024 yang berkualitas dan berintegritas," pungkasnya.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2023