Etape IV Tour de PDRI 2022 eksplorasi Bukittinggi dan Agam

id Tour de PDRI 2022,Tour de PDRI Bukittinggi-Agam

Etape IV Tour de PDRI 2022 eksplorasi Bukittinggi dan Agam

Sejumlah penghobi sepeda ontel ikut meriahkan Tour de PDRI 2022 di Bukittinggi-Agam. (ANTARA/Miko Elfisha)

Bukittinggi (ANTARA) - Etape IV Tour de PDRI 2022 mengeksplorasi sejarah dan potensi pariwisata dua daerah masing-masing Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam dengan rute yang dimulai dari Jam Gadang dan finish di tugu Avro Anson.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Asril di Bukittinggi, Sabtu menyebut dalam sejarah Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada Desember 1948- Juni 1949, Kota Bukittinggi memiliki peran penting dalam menyambung nafas Negara Indonesia.

Sementara Kabupaten Agam yang berbatasan langsung dengan Bukittinggi menjadi salah satu daerah gerilya bagi tokoh-tokoh PDRI untuk mempertahankan eksistensi negara dari agresi Belanda II.

Dua daerah ini juga memiliki potensi wisata yang luar biasa. Bukittingi yang telah dijuluki sebagai Kota Wisata tidak perlu diragukan lagi. Ikon Jam Gadang telah mendunia dan dikenal dimana-mana. Sedangkan Agam bisa pula memanfaatkan Bukittinggi untuk pemasaran wisata sehingga wisatawan yang datang ke Bukittinggi juga bisa ditarik ke wilayah Agam.

"Karena hubungan erat antara dua daerah ini, kita sengaja menyandingkannya dalam satu etape Tour de PDRI," ujarnya.

Kepala Dinas Parpora Kota Bukittinggi Hendri menyebut akhir tahun menjadi waktu sibuk bagi Kota Bukittinggi karena jumlah kunjungan wisata biasanya meningkat.

Saat ini cukup banyak kegiatan yang digelar di Bukittinggi diantaranya Festival Pedati (Pesta Budaya, Seni, Pameran, Dagang, dan Industri) yang bisa menarik wisatawan untuk datang akhir tahun.

"Pelaksanaan Tour de PDRI ikut mempromosikan potensi wisata Bukittinggi selain mengedukasi generasi muda tentang sejarah bangsa," katanya.

Pada etape IV Tour de PDRI, selain 50 orang peserta tetap, Pemkot Bukittinggi juga membawa sejumlah pecinta sepeda ontel untuk ikut serta dalam kegiatan itu hingga menarik minat banyak orang untuk ikut menyaksikan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Syatria mengemukakan pelaksanaan Tour de PDRI sangat penting untuk mengedukasi dan mengingatkan kembali betapa besar peran Sumatera Barat dalam perjuangan bangsa Indonesia. Tanpa PDRI, mungkin tidak ada Indonesia seperti yang dikenal saat ini.

Sesuai konsep Tour de PDRI 2022, Kabupaten Agam juga mendukung promosi wisata dengan menggelar pesta rakyat di Tugu Avro Anson untuk memeriahkan acara.

Selain itu ia juga memperkenalkan Festival Danau Maninjau yang akan digelar pada 2023 sebagai salah satu iven memperkuat program Visit Beautiful West Sumatera 2023.***