Kantor Pos Biaro Agam salurkan bansos hingga malam hari

id bantuan langsung tunai,pos biaro padang,agam,sumbar

Kantor Pos Biaro Agam salurkan bansos hingga malam hari

Penyaluran bantuan sosial dari Kemensos RI di kantor pos Biaro, Agam, dilakukan hingga malam hari agar semua penerima mendapatkan bantuan. (ANTARA/Alfatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Kantor Pos Biaro, Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dan bantuan sosial sembako tahap kedua kepada keluarga penerima manfaat (KPM) hingga malam hari.

Kepala Kantor Pos Biaro, Irvan di Bukittinggi, Selasa, mengatakan penyaluran hingga malam hari ini sudah disepakati dan dikoordinasikan kepada pemerintah kenagarian dan kecamatan setempat untuk mempermudah penyaluran kepada warga.

"Setelah data penerima dari Kementerian Sosial RI kami terima, langsung dikoordinasikan kepada pemerintah nagari dan jorong hingga dua kecamatan di sini yaitu Kecamatan Ampek Angkek dan Kecamatan Canduang," katanya.

Ribuan warga ini mendatangi kantor pos dan mengantre sesuai nomor urut yang telah disepakati sebelumnya, antrean dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir menjelang tengah malam.

Irvan menyebut ada 2.700 Kepala Keluarga yang diberikan bantuan dari 10 nagari yang ada di dua kecamatan itu.

Kesepuluh nagari itu adalah Ampang Gadang, Pasia, Batu Taba, Canduang Koto Laweh, Lasi, Panampuang, Biaro Gadang, Lambah, Bukik Batabuah dan Balai Gurah, totalnya mencapai Rp2,5 miliar.

Rincian bantuan yang dicairkan oleh pihak PT Pos Indonesia melalui Kantor Pos adalah BLT BBM sebesar Rp 300.000 untuk alokasi bulan November, BPNT triwulan yang keempat dari bulan keempat ini meliputi Oktober, November, dan Desember, selanjutnya yang ke tiga ada juga bantuan PKH tahap 4.

Ia mengatakan untuk bantuan ini nominalnya berbeda-beda sesuai komponen yang ada.

"Jadi tiap komponen itu berbeda-beda dan untuk besaran bantuannya juga sesuai komponen yang dimiliki, urutan yang dicairkan oleh pihak Kantor Pos Indonesia adalah PKH tahap 4, BPNT tahap 10, 11, dan 12 dan BLT BBM tahap 2," jelasnya.

Seorang warga penerima bantuan, Desi (47) mengaku puas dengan pelayanan kantor pos Biaro yang memaksimalkan seluruh karyawan dibantu perangkat nagari dan kecamatan.

"Tidak masalah dibagikan malam hari karena sudah kami sepakati juga, sebaliknya menguntungkan bagi kami yang berasal dari keluarga petani ini sebab pagi hari dan siang harus ke ladang dan sawah," katanya.

Ia mengatakan sudah lama terbantu dengan program pemerintah dari Kemensos ini khususnya bantuan tunai BBM.

"Apalagi anak saya sekolah di swasta, uang bulanannya wajib dibayarkan, semoga bantuan ini terus diberikan pemerintah kepada kami warga kurang mampu," katanya.