Wagub resmi aktifkan kembali jalur pendakian Proklamator menuju Gunung Marapi

id Bukittinggi,Marapi,Sumbar,Padang

Wagub resmi aktifkan kembali jalur pendakian Proklamator menuju Gunung Marapi

Peresmian jalur pendakian Gunung Marapi Proklamator dilakukan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan Bupati Agam Andri Warman. (Antara/HO-Pemkab Agam)

Bukittinggi (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Djoinaldy meresmikan jalur pendakian ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Marapi dengan nama jalur pendakian proklamator yang diaktifkan kembali oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat.

"Namanya jalur ini sangat spesial yaitu, jalur pendakian proklamator, ini mengingatkan kita semua bahwasanya Muhammad Hatta atau Bung Hatta berasal dari Agam dan Bukittinggi," kata Audy di Bukittinggi, Minggu.

Lokasi ini tepatnya berada di Nagari Batu Palano, Kecamatan Sungai Pua, yang turut dihadiri Bupati Andri Warman.

Audy Joinaldy mengatakan potensi alam di Sumbar khususnya Agam sangat luar biasa, ia mengapresiasi BKSDA mereaktivasi TWA Gunung Merapi ini.

Dalam mengelola objek wisata ini, ia meminta Pokdarwis dibina dengan baik, karena kunci kemajuan pariwisata tergantung SDM-nya.

"Sumbar memiliki lebih kurang 29 gunung, tapi Gunung Marapi jadi idola bagi pendaki, dengan reaktivasi TWA yang bernama jalur pendakian proklamator ini, bisa menarik wisatawan untuk berkunjung," katanya.

Menurutnya edukasi terhadap pendaki juga penting, ia meyakini Pokdarwis di bawah binaan BKSDA bisa membimbing pengunjung nantinya.

"Begitu juga dengan keselamatan pendaki, harus menjadi salah satu faktor utama. Bagaimana mereka bisa selamat pulang dan pergi," kata Audy.

Bupati Agam, Andri Warman ikut mengapresiasi reaktivasi TWA Gunung Marapi yang sudah lama tidak aktif dalam kegiatan pendakian.

Menurutnya ini akan membuka peluang dalam mengembangkan wisata minat khusus di Sumbar, khususnya Kabupaten Agam.

"Tentu SDMnya harus profesional, dengan tetap menjaga kebersihan, keasrian dan kelestarian alam," katanya.

Sejalan dengan program Pemprov Sumbar Visit Beautiful West Sumatera 2023, ia mengajak pelaku wisata berperan sesuai bidang masing-masing dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

Gunung Marapi merupakan salah satu gunung aktif yang menjadi favorit para pendaki di Sumatera, Marapi berketinggian 2.891 mdpl berada di Kabupaten Tanah Datar dan Agam.

Ada tiga jalur pendakian yang eksis hingga saat ini, pertama jalur selatan di Pariangan Tanah Datar atau Tungku Tigo, jalur Aia Angek X Koto dan Jalur Kotobaru Batupalano.