Penyuluhan Pakan dan Penguatan Kelompok Tani Balimbiang Saiyo Tanah Datar Penerima Ternak Kambing Program Balai Ternak Baznas RI

id Tim pengabdian masyarakat unand, pengabdian masyarakat faterna unand

Penyuluhan Pakan dan Penguatan Kelompok Tani Balimbiang Saiyo Tanah Datar Penerima Ternak Kambing Program Balai Ternak Baznas RI

Tim memberikan penguatan dan penyuluhan pakan pada Kelompok Tani Balimbiang Saiyo Tanah Datar. (ANTARA/ist)

Batusangkar (ANTARA) - Keberhasilan suatu produksi ternak bagi peternak amat bergantung pada kualitas pakan yang diberikan, tidak terkecuali yang membudidayakan hewan kambing.

Bagi hewan ruminansia pakan hijauan yang berkualitas amat dibutuhkan untuk menunjang produksi dari ternak.

Meskipun demikian pakan alternatif dapat juga menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ternak seperti limbah jagung untuk kambing, dengan catatan diproses dan menghasilkan kualitas yang baik.

Tentunya untuk mendapatkan kualitas pakan tersebut dibutuhkan teknologi yang berdaya guna tinggi, sehingga membutuhkan penyuluhan kepada peternak untuk mencapai hal tersebut.

Hal inilah yang mendasari tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Peternakan Universitas Andalas untuk melakukan penyuluhan sekaligus pelatihan dalam pembuatan serta penyusunan pakan ternak kambing kepada peternak di Nagari Balimbiang Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar.

Tim Pengabdian yang terdiri atas Dr. Roni Pazla, S.Pt, MP, sebagai ketua dan anggota antara lain Dr. Ir. Fuad Madarisa, M.Sc, Dr. Montesqrit, S.Pt, M.Si , Riza Andesca Putra, S.Pt, MP melakukan penyuluhan kepada Kelompok Tani Balimbiang Saiyo Tanah Datar terkait pakan ternak.

Alasan pemilihan Kelompok Tani Balimbiang Saiyo karena kelompok Tani tersebut merupakan penerima bantuan Baznas dalam Program Zakat Community Development (ZCD), di mana 30 petani ternak setempat diberikan 300 ekor kambing sejak 2017 lalu.

Akan tetapi karena minimnya pengetahuan terkait teknologi pakan dan aspek beternak lainnya menyebabkan produksi jalan di tempat bahkan sebagian petani kehilangan motivasi untuk melanjutkan budidaya ternak.

Dengan Pengabdian Masyarakat ini peternak diberikan penyuluhan tentang pengelolaan pakan, penyuluhan tentang penggunaan pakan hijauan tambahan seperti Titonia, Kaliandra dan bahan pakan kambing, penyuluhan dan pelatihan pembuatan konsentrat dan studi banding di Sijunjung untuk melihat kelompok ternak sukses budidaya kambing.

Secara keseluruhan tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan kembali gairah beternak petani ternak kambing sekaligus pengetahuan terkait penguatan kualitas pakan kambing.

Pengabdian ini dilaksanakan melalui biaya PNBP Fakultas Peternakan Unand.

*) Tim Pengabdian Masyarakat Faterna Unand

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2022