Bang Wako Road Race ramai pengunjung di Bukittinggi

id Bang wako, road race

Bang Wako Road Race ramai pengunjung di Bukittinggi

Kegiatan balap motor bertajuk "Bang Wako Open Road Race 2022" digelar di Bukittinggi, Sumatera Barat. Perlombaan sepeda motor berbagai kelas ini menjadi tontonan masyarakat yang datang dari berbagai daerah. (ANTARA/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Setelah absen sejak 2016, kegiatan balap motor kembali diselenggarakan di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, kegiatan bertajuk "Bang Wako Open Road Race 2022" ini dihadiri ribuan warga dan dibuka langsung oleh Wako Erman Safar, Minggu.

Erman Safar mengatakan kegiatan balap motor ini direncanakan diselenggarakan rutin setiap tahunnya untuk menyaring bibit baru pebalap motor berbakat asal Kota Bukittinggi dan Sumbar umumnya.

"Insyaallah akan kami usahakan untuk rutin setiap tahun, kepada pebalap dan penonton kami meminta tertib dan utamakan keselamatan," kata Erman Safar.

Ia memberikan apresiasi kepada penyelenggara dan tim keamanan dari TNI Polri yang telah mengawal kegiatan balap motor yang sudah lama tidak digelar di Kota Bukittinggi.

"Apalagi ini pebalap tidak hadir dari Bukittinggi Agam saja ya, ada dari luar daerah, terimakasih partisipasinya, mari kita jaga bersama kegiatan ini untuk Bukittinggi Hebat," katanya.

Wali Kota membuka perlombaan dan menyempatkan memacu sepeda motor balap dengan mengitari lapangan yang dipenuhi oleh penonton.

Event Bang Wako Open Road Race tahun 2022 akan segera digelar di Sirkuit Non Pemanen (NP) Wirabraja Lapangan Kantin, Bukittinggi.

Ketua Panitia Penyelenggara Event Bang Wako Open Road Race, Reki Afrino menyebut total hadiah yang disiapkan panitia dalam event tersebut berjumlah Rp90 juta rupiah.

"Event ini lokal namun rasa nasional, ada 17 kelas yang diperlombakan dan diikuti lebih dari 400 started," katanya.

Reki berharap dengan adanya event ini dapat melahirkan pembalap - pembalap baru asal Kota Bukittinggi ataupun Sumbar, serta mampu mengangkat wajah Sumbar di bidang olahraga khususnya bidang otomotif di moment menjelang HUT ke 238 Kota Bukittinggi pada Desember 2022 mendatang.

"Selain itu, event ini juga tentunya diharapkan mampu menggiatkan tumbuhnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)," katanya.

Aksi pebalap menjadi tontonan dan hiburan tersendiri bagi warga Kota Bukittinggi dan sekitarnya yang sengaja datang ke lokasi sejak pagi.

"Menarik ya, sudah lama tidak ada balap motor di sini, semoga tetap aman tidak ada kecelakaan, sosialisasi ke warga harus lebih ditingkatkan jika ingin membuat even serupa nantinya, secara umum ini menghibur masyarakat dan semoga jadi penyaluran bakat pemuda yang suka menggeber sepeda motornya di jalanan," kata seorang warga, Basa.*