Lantamal II Padang tanam mangrove di Pantai Majunto Pessel

id mangrove, ekosistem, lantamal

Lantamal II Padang tanam mangrove di Pantai Majunto Pessel

Penanaman mangrove oleh Lantamal II bersama Pemkab Kabupaten Pesisir Selatan. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Penanaman Mangrove serentak secara nasional pada tahun 2022, Lantamal II Padang memfokuskan menanam Mangrov di Pantai Majunto, Nagari Sungai Pinang, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sebagai gerakan penanaman mangrove serentak secara nasional.

Dalam kegiatan menjaga ekosistem pantai pada Selasa (26/7) itu, hadir Wakil Bupati Kabupaten Pesisir Selatan Rudi Hariansyah, Ketua DPRD Ermizen, Dandim 0311 Letkol Inf Moch Suherli, TNI AL, serta instansi dinas terkait di lingkup Kabupaten Pesisir Selatan.

Wakil Bupati dalam samabutannya menyampaikan, selaku pemerintah daerah berterima kasih kepada TNI AL yang telah memfasilitasi kegiatan ini serta suksesnya kegiatan penanaman hutan mangrove pada hari ini.

Terutama sekali dari pemerintah daerah mengimbau serta mengajak masyarakat untuk menjaga dan merawat manggrove ini dengan baik, karena ini salah satu tumbuhan yang dilindungi,ujarnya.

Dengan diadakannya penanaman mangrove ini, kata dia, secara tidak langsung akan memberikan kesadaran dan pembelajaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem pantai dengan merawat tanaman mangrove tersebut.

Salah satu tujuan penanaman mangrove ini adalah untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dan tumbuhan serta permukiman.

"Mangrove ini merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar kokoh yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami dan bencana alam, " tambahnya.

Selain meredam bencana alam seperti abrasi, hutan mangrove dapat menarik minat wisatawan dan investor, domestik maupun mancanegara yang datang untuk mengetahui sebanyak mungkin manfaat dari hutan mangrove.

“Kegiatan ini juga harus terus ditanamkan kepada generasi penerus atau generasi muda untuk ikut turut serta berperan aktif dalam menjaga lingkungan yang akan mendukung kehidupan masyarakat dimasa mendatang",harapnya.