Ruandu laksanakan Ruang Cinta Untuk Pasaman dan Pasaman Barat

id berita pasaman barat, berita sumbar, ruandu

Ruandu laksanakan Ruang Cinta Untuk Pasaman dan Pasaman Barat

Permainan ular tangga raksasa di Kabupaten Pasaman bagi anak korban gempa. (Antara/HO-Ruandu)

Padang (ANTARA) - Yayasan Ruang Anak Dunia melaksanakan gerakan kepedulian bagi anak-anak yang terkena dampak dari bencana alam gempa bumi di Pasaman dan Pasaman Barat melalui program Ruang Cinta Untuk Pasaman dan Pasaman Barat.

Manajer Program Yayasan Ruang Anak Dunia, Wanda Leksmana melalui siaran pers yang diterima di Padang, Minggu mengatakan program ini merupakan wujud kepedulian dalam memberikan perlindungan khusus anak situasi darurat.

Program ini adalah gerakan berdonasi untuk membantu anak-anak yang menjadi korban dari bencana alam gempa bumi, ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan berkolaborasi dengan banyak donatur yang terlibat dari unsur sekolah ramah anak di kota Padang, dunia usaha, lembaga masyarakat, donatur pribadi, Forum Anak Kabupaten Pesisir Selatan, Forum Anak Kabupaten Pasaman, dan Forum Anak Kabupaten Pasaman Barat.

Dana yang terhimpun sebesar Rp14 juta disalurkan kepada 110 anak dari Pasaman dan Pasaman Barat dalam bentuk dana kebutuhan harian, pemberian alat permainan edukatif, kegiatan psikososial anak, dan berbuka puasa bersama

Untuk Kabupaten Pasaman kami bersama Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasaman melaksanakan kegiatan psikososial anak yang dilaksanakan di Nagari Malampah yang diikuti oleh 50 anak pada 22 April 2022

Untuk Kabupaten Pasaman Barat, kami laksanakan bersama Dinas PPKBP3A Kabupaten Pasaman Barat pada 28 April 2022 di Nagari Persiapan Simpang Timbo Abu Kajai yang diikuti 60 anak

Kegiatan psikososial anak kali ini dilaksanakan dalam suasana bulan Ramadhan sehingga membawa nuansa berbeda dari kegiatan psikososial yang pernah dilakukan di daerah ini.

Meskipun situasi tanggap bencana di daerah ini telah usai, namun dampak yang dirasakan anak pasca gempa bumi, masih terlihat dari beberapa anak yang memiliki cerita tersendiri pada saat gempa terjadi.

Kami berharap dengan kegiatan ini dapat membuat senyum mereka semakin sumringah karena kedatangan kami ke sini hanya untuk bersenang-senang, ujarnya.

Pada kesempatan itu Ruandu mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah berpartisipasi. Semoga kebaikan di bulan Ramadhan ini mendapatkan keberkahan bagi semua pihak yang telah menyukseskan program ini.

Sementara Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Pasaman Furqan mengucapkan rasa terima kasih atas kepedulian dari semua pihak dalam program Ruang Cinta Untuk Pasaman dan Pasaman Barat karena telah membantu anak-anak terdampak bencana alam gempa bumi di Nagari Malampah.

Semoga program ini dapat menambah semangat anak-anak dan keluarga disini untuk tetap bersyukur dan berupaya menjamin hak-hak anak meskipun dalam situasi bencana, ujarnya.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas PPKBP3A Kabupaten Pasaman Barat Ana Rahmadia menilai kegiatan psikososial anak di nagari persiapan Timbo Abu Kajai, Kabupaten Pasaman Barat membantu anak-anak untuk memulihkan rasa trauma yang masih mereka alami.

"Anak-anak tersenyum kembali karena ada permainan ular tangga raksasa, berbuka puasa bersama, serta dana bantuan harian yang diberikan sebagai jajan untuk mereka menyambut Idul Fitri," ujarnya

Terima kasih kepada Ruandu dan para donatur lainnya. Semoga kemitraan dan kolaborasi tetap terjalin untuk menjamin hak-hak anak dalam situasi darurat, katanya lagi.